Berita  

Pengamat Ini Sebut Corona Ada Hubungannya dengan Sunda Empire

Ki Rangga Sasana/net

Jakarta, SudutPandang.id-Virus corona atau covid-19 terus menjadi perhatian publik dunia. Penyebarannya sampai saat ini dipantau di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Berbagai pandangan pun terus mengemuka terkait virus yang awalnya melanda Wuhan, China. Salah satunya datang dari Pengamat Sosial, Darsuli. Menurutnya, penyebaran virus corona ada kaitannya dengan Sunda Empire.

IMG-20220125-WA0002

“Salah satu petinggi Sunda Empire, Ki Rangga Sasana pernah menyebutkan bahwa tujuan berdirinya Sunda Empire adalah untuk menjaga tatanan bumi dan keselamatan umat manusia di dunia. Memang lucu statement tersebut, namun menurut pandangan saya, ada sedikit benarnya, pasca ditangkap Sunda Empire virus corona langsung mewabah,” ujar Darsuli dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Pernyataan tersebut, kata Darsuli, terdengar nyeleneh, namun bisa membuat suasana sejenak tenang di tengah mewabahnya virus yang menyerang.

Darsuli juga mengungkap banyak hal tentang corona jika menilik dari berbagai kasus penyebaran virusnya di berbagai negara.

“Informasi yang saya peroleh, ada keterkaitannya juga dengan perang dagang antara Amerika dan China. Diduga penyebaran virus merupakan salah satu strategi besar negara Paman Sam untuk menghajar Tiongkok,” ungkap aktivis yang sedang menempuh studi hukum internasional ini.

Pengamat Sosial Darsuli/ist

Terkait penanganan corona di Indonesia, Darsuli mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Terawan Agustanto. Ia menilai sikap tenang pemerintah akan membuat masyarakat tidak khawatir dan panik.

“Saya sependapat dengan pernyataan waspada boleh, panik jangan. Kita memang harus waspada, namun tidak perlu panik secara berlebihan, justru kepanikan akan membuat akan memperparah situasi,” katanya.

“Pemerintah Australia atau WHO boleh saja meremehkan Indonesia dalam penanganan corona, namun setiap negara punya cara tersendiri penanganannya. Semoga cepat berlalu kita semua senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa,” sambung Darsuli.

Kendati demikian, ia berharap pemerintah fokus dalam penanganan corona, sehingga tidak hanya mengatakan kondisi saat ini aman. “Perlu terus disosialisasikan bagaimanau upaya pencegahan agar masyarakat mengetahui secara jelas,” pungkasnya.(fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.