P3A Mitra Cai Sinar Panunggal Indramayu Bangun Dua Saluran Irigasi

Papan pengumuman pembangunan saluran irigasi yang dilakukan P3A Mitra Cai Sinar Panunggal Indramayu Bangun Dua Saluran Irigasi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mitra Cai Sinar Panunggal, Desa Plumbon, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. FOTO: Dais

INDRAMAYU, SUDUTPANDANG.ID – Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mitra Cai Sinar Panunggal, Desa Plumbon, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, melaksanakan pembangunan saluran irigasi di dua lokasi berbeda, masing-masing di blok Surapati dan blok Baloran dengan panjang 437 meter.

“Pembangunan saluran irigasi sepanjang 437 meter ini merupakan program dari Kementerian PUPR melalui Dirjen Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung,” kata Ketua P3A Mitra Cai Sinar Panunggal Samsudin di Indramayu, Kamis (9/6/2022).

Kemenkumham Bali

Ia menjelaskan kucuran dana APBN yang dianggarkan untuk Desa Plumbon ini diperuntukkan pembangunan saluran irigasi, karena sangat penting sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

BACA JUGA  Seismograf Rekam Getaran Banjir Gunung Semeru 4 Kali Dalam 5-6 Jam

Samsudin mengatakan pembangunan saluran irigasi ini memang sangat dibutuhkan masyarakat untuk mengairi lahan persawahan.

Menurutnya dengan adanya saluran irigasi yang baru ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kelancaran saat petani mengairi lawan persawahannya.

Ia berharap dengan adanya saluran irigasi yang baru ini, pendistribusian air untuk mengairi lahan persawahan petani bisa semakin lancar dan tidak lagi mengandalkan pompanisasi.

Saluran irigasi yang dibangun ini akan mampu mengairi area persawahan seluas 150 hektare yang ada d blok surapati dan sekitar 200 hektare di blok baloran.

Tidak lupa, Samsudin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mengucurkan bantuan untuk pembangunan saluran irigasi tersebut.

Dengan adanya pembangunan irigasi ini, masyarakat petani merasa terbantu, dan harapannya pengairan lancar dan bisa meningkatkan hasil panen petani, katanya. (Dais)

Tinggalkan Balasan