DENPASAR, SUDUTPANDANG.ID – Kakanwil Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ke-78 atau Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) di halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Senin (21/8/2023).
Upacara peringatan HDKD yang dihadiri perwakilan seluruh unit pelaksana teknis (UPT) pada lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali ini mengusung tema “Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju”.
Dalam amanatnya, Anggiat Napitupulu membacakan sambutan Menkumham Yasonna H. Laoly yang menegaskan pentingnya semangat berkualitas bagi seluruh insan pengayoman di seluruh nusantara.
“Peringatan Hari Kemenkumham sebagai momentum untuk merefleksikan kembali apa saja yang telah kita perbuat dalam pengabdian ini, berbenah diri dan memperbaikinya apabila terdapat kekurangan” ujar Anggiat.
Dalam sambutannya, Menkumham juga mengajak seluruh insan pengayoman untuk terus berinovasi, membangun kompetensi, dan menjaga netralitas demi kesatuan dan kesuksesan bangsa.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dari Kakanwil Kemenkumham Bali kepada berbagai pihak, antara lain mitra kerja, pegawai berprestasi dan penghargaan Public Relation Awards pada UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali Tahun 2023.
Penghargaan mitra kerja diberikan kepada Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Bali atas kontribusi dalam pelaksanaan penatausahaan barang milik negara.
Penghargaan selanjutnya diberikan kepada pegawai berprestasi Efrie Surya Perdana dari Lapas Kelas IIB Tabanan yang berhasil meraih medali perunggu pada ajang SEA Games XXXII cabang olahraga Vovinam di Kamboja tahun 2023.
Kemudian penghargaan Public Relations Awards diberikan kepada para operator atau pengelola dari tiga kategori yang dilombakan, di antaranya pengelolaan media sosial, pengelolaan website dan pengelolaan pengaduan dan permintaan informasi melalui aplikasi ADURABI (Aplikasi Pengaduan dan Rekapitulasi Berita).
Pada kategori pengelolaan media sosial terbaik I diberikan kepada Kanim Ngurah Rai, terbaik II Kanim Denpasar dan terbaik III Rutan Negara.
Sementara pada kategori pengelolaan website terbaik I diberikan kepada Rutan Negara, terbaik II Kanim Ngurah Rai, dan terbaik III Kanim Singaraja.
Dalam kategori pengelolaan pengaduan dan permintaan informasi melalui aplikasi ADURABI, terbaik I diberikan kepada Kanim Singaraja, terbaik II Kanim Ngurah Rai, dan terbaik III Rudenim Denpasar.
Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Sugito mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi Tim Humas Imigrasi Ngurah Rai yang mampu meraih penghargaan dari tiga kategori yang ada.
“Kinerja kehumasan terus kita dorong untuk menjaga citra positif institusi serta memberikan kepastian informasi kepada masyarakat mengenai berbagai layanan keimigrasian,” terang Sugito.(One/01)