JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Produk kopi kemasan asal Indonesia masuk pasar Uzbekistan. Kopi cita rasa manis ini memiliki peluang cukup besar di negara Asia Tengah ini.
“Kopi instan Indonesia dengan cita rasa manis memiliki peluang cukup besar di Uzbekistan karena cocok dengan selera warga Uzbekistan yang umumnya menyukai makanan penutup dan minuman bercita rasa manis,” kata Duta Besar RI untuk Uzbekistan Sunaryo Kartadinata, dalam keterangan tertulis KBRI Tashkent, yang diterima di Jakarta, Sabtu (31/12).
Menurutnya, masuknya kopi “Good Day” menambah daftar produk minuman dan makanan Indonesia yang telah beredar di Uzbekistan, antara lain kopi Torabika, Kopi ABC, dan kopi Kapal Api Luwak Easy Drip, juga mi instan merek Mie Sedaap.
“Meskipun di Uzbekistan telah hadir cukup banyak merek kopi instan dari berbagai negara lainnya, pangsa pasar masih terbuka luas seiring meningkatnya permintaan dan daya beli masyarakat sebagai dampak pertumbuhan ekonomi yang baik,” kata Sunaryo.
Ia menjelaskan, pada 2022 impor produk makanan dan minuman Uzbekistan meningkat sebesar 40 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
“Uzbekistan mengimpor produk makanan dan minuman dari sekitar 100 negara, dan Indonesia merupakan salah satu penyuplai utama,” ujarnya.(01)