Hemmen

Pangdam Pimpin Pencanangan Urban Farming Serentak di Wilayah Kodam Jaya

Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mohamad Hasan, memimpin pencanangan urban farming secara serentak di wilayah Kodam Jaya di Taman Keyla Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2023).
Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mohamad Hasan, memimpin pencanangan urban farming secara serentak di wilayah Kodam Jaya di Taman Keyla Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2023). Foto:Dok.Pendam Jaya

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mohamad Hasan, memimpin pencanangan urban farming secara serentak di wilayah Kodam Jaya di Taman Keyla Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2023).

Mengusung tema “Pangan Kuat Masyarakat Sehat”, kehadiran Pangdam Jaya disambut antusias para pelajar dan tarian Nandak Ganjen adat Betawi.

Pencanangan urban farming di wilayah Kodam Jaya Tahun 2023 berlangsung secara daring dan luring di 31 titik jajaran Korem 051/Wkt dan Korem 052/Wkr dengan melibatkan Kodim dan Koramil jajaran wilayah Kodam Jaya.

Pangdam Jaya menyampaikan, urban farming didefinisikan sebagai konsep memindahkan pertanian konvensional ke pertanian perkotaan. Faktor yang membedakan terletak pada pelaku dan media tanamnya.

BACA JUGA  Babinsa Koramil 1616-04/Blahbatuh Pantau Penyaluran KPM BLT

“Urban farming atau urban agriculture adalah kegiatan budidaya tanaman di sekitar wilayah kota besar (metropolitan) atau kota kecil untuk memperoleh bahan pangan atau kebutuhan lain dan tambahan finansial,” jelas Pangdam.

Menurutnya, urban farming ini berkembang sebagai respons dari banyaknya masalah yang berkaitan dengan kehidupan di perkotaan yang semakin berkurangnya lahan pertanian karena pembangunan.

Dalam kegiatan itu dilaksanakan penebaran bibit ikan mujaer dan ikan nila, penanaman pohon terong, tomat serta panen jagung, kacang panjang, terong, buah belimbing, kedondong dan semangka.

Kemudian dilanjutkan peninjauan tanaman sayur, panen ikan serta penyerahan pupuk dari Pangdam Jaya kepada masyarakat Kebayoran Lama.

Pada kesempatan itu Pangdam melakukan pengarahan dan menyapa jajaran melalui video conference (vicon).

BACA JUGA  Truk Kontainer Alami Kecelakaan Tunggal di Cempaka Putih

Hadir Irdam Jaya, Danrem 051/Wkt, Danrem 052/Wkr, para Asisten, Dandim 0504/JS, Kapolres Metro Jakarta Selatan, Camat Kebayoran Lama dan para Danramil wilayah Jakarta Selatan.(PR/01)

Kesbangpol Banten