JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – PT Pelindo mencatat sebanyak 994.866 orang pemudik tercatat menggunakan layanan terminal penumpang milik PT Pelindo terhitung sejak H-15 hingga hari H pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) (2023-2024).
Jumlah ini meningkat 10.76% dibandingkan tahun 2022, sebanyak 898.191 orang pemudik.
Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto mengatakan, sejumlah peningkatkan kualitas pelayanan terminal penumpang di 63 terminal penumpang dan roro telah dipersiapkan untuk melayani arus mudik Nataru tahun ini.
“Adapun puncak arus mudik terjadi pada H-2 yaitu 23 Desember 2023 dengan jumlah penumpang sebanyak 78.402 orang dan total pemudik yang sudah kami layani hingga hari H mencapai 994.866 orang,” demikian disampaikan melalui keterangan persnya, Rabu (27/12/2023).
Putut menambahkan terminal dengan jumlah penumpang terbanyak adalah wilayah Tanjung Pinang sebanyak 117.207 orang, diikuti wilayah Tanjung Balai Karimun sebanyak 73.765 orang, Tanjung Perak sebanyak 68.703 orang, Makassar sebanyak 56.9191 orang, dan Ambon sebanyak 49.964 orang.
Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memprediksi puncak arus balik mudik Nataru terjadi pada 1-2 Januari 2024 dan meminta seluruh instansi terkait untuk mengantisipasi puncak arus balik Nataru tersebut, terutama di beberapa titik yang menjadi pusat pergerakan pemudik.
“Sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan, untuk mendukung kelancaran arus balik, selain mengoperasikan 63 terminal penumpang, Pelindo juga menyiapkan Pelabuhan Ciwandan, di Cilegon guna melayani angkutan penyeberangan lintas Ciwandan – Bakauheni untuk kendaraan golongan VIII dan IX yakni pada tanggal 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas Jawa Sumatera,” jelas Putut.
Putut juga menyebutkan Pelindo menyediakan berbagai fasilitas di Pelabuhan Ciwandan, yaitu Dermaga 03 dan 07 dengan total panjang 131 Meter, area lapangan parkir (buffer area) truck logistik seluas 25.000 M2 dengan kapasitas 600 unit, petugas pelayanan keamanan dengan pola 24/7, dan fasilitas pendukung seperti loket, tenda area tunggu dan mobil toilet. (05)