Hemmen

Peziarah Keluhkan Lampu Penerangan di TPU Semper

Peziarah Keluhkan lampu penerangan di TPU Semper
Kondisi makam di TPU Semper Jakarta Utara, Selasa (16/4/2024) pukul 18.40 WIB. (Foto: Erfan SP)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Minimnya penerangan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Semper, Cilincing, Jakarta Utara, dikeluhkan oleh peziarah.

MM, peziarah asal Sunter Jaya mengungkapkan dirinya sempat mengalami kesulitan mencari makam keluarganya yang berlokasi di Blok AA II. Menurutnya, minimnya penerangan menyebabkan proses pencarian makam terganggu.

Kemenkumham Bali

Ia pun harus menggunakan lampu flash kamera HP saat berziarah ke makam keluarganya di TPU Semper pada Selasa, 16 April 2024) sekitar pukul 18.30 WIB.

“Gelap benget makam. Saya sampai kesulitan mencari makam keluarga saya dimana letak posisinya,” kata MM, Rabu (17/4/2024).

Menurut MM, kejadian ini sudah lama terjadi. Tapi sepertinya pihak pengelola makam enggan mengatasi permasalahan.

BACA JUGA  Sah! Ketua dan Pengurus PWI Koordinatoriat Jakarta Utara Resmi Dilantik

“Saya berharap permasalah ini bisa sampai diketahui Pemprov DKI, dan bisa segera mengatasi permasalahan di TPU Semper ini. Belum lagi menurut informasi yang saya dengan lokasi di sini cukup rawan dengan kejahatan. Tentu bukan hal tidak mungkin kurangnya penerangan menjadi penyebab sekaligus mengundang terjadinya tindak kejahatan,” kata MM.

Pantauan Sudutpandang.id pada Selasa (16/4/2024) malam, kondisi TPU Semper gelap gulita sejak memasuki gerbang utama pemakaman hingga ke dalam area pemakaman. Meski di dalam area pemakaman berjejer lampu penerangan jalan, namun hanya beberapa unit yang menyala dengan baik.

Akan tetapi sampai ke dalam blok makam, tidak mendapatkan penerangan. Padahal di sekitar area makam terlihat lampu jalan berjejer, namun dalam keadaan mati.

BACA JUGA  Sukseskan Pemilu 2024, Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya Gelar Silaturahmi dengan Forkopimda

Sampai berita ini ditayangkan, Sukino, selaku Kepala Satuan Pelaksana Zona 5 TPU Semper, masih belum menjawab ketika dikonfirmasi terkait persoalan tersebut.(tim)