Hemmen

Pohon Tumbang, Jalan Rangkasbitung Menuju Bogor Tertutup

Ruas jalan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten - Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tertutup akibat pohon beringin yang usianya puluhan tahun roboh, Rabu (8/11/2023). FOTO: dok.Ant

LEBAK-BANTEN, SUDUTPANDANG.ID – Akibat pohon beringin tumbang sehingga tidak bisa dilintasi berbagai angkutan dan kendaraan pada Rabu (8/11/2023) berdampak pada tertutupnya ruas jalan di perbatasan Rangkasbitung, Provinsi Banten-Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pohon beringin yang berusia puluhan tahun tumbang pada Rabu (8/11) dini hari pukul 04.00 WIB, sehingga menutupi jalan yang menghubungkan Rangkasbitung di Kabupaten Lebak menuju Bogor, Jawa Barat.

“Kami sekarang melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Satpol PP, dan warga, bahu-membahu untuk mempercepat pembersihan pohon batang dan ranting pohon tumbang,” kata petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLH) Kabupaten Lebak, Hendi, Rabu.

Karena itu petugas bekerja keras melakukan pemotongan batang dan ranting pohon tersebut dengan menggunakan mesin gergaji mesin atau senso agar jalan bisa kembali dilintasi kendaraan.

BACA JUGA  Menpora Dukung Penyelenggaraan PeSOnas

Saat ini pihaknya mengerahkan empat truk untuk mengangkut batang dan puing-puing pohon yang roboh untuk dibawa ke lokasi pembuangan sampah.

“Kami menargetkan ruas jalan bisa dioperasikan kembali sekitar pukul 12.00 WIB dan kondisi jalan sudah bersih dari pohon tumbang itu,” katanya.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak, Agust Riza Faesal mengatakan masyarakat agar mewaspadai pohon roboh karena saat ini cuaca buruk terjadi di daerah itu seiring masa pancaroba atau peralihan musim kemarau ke musim hujan.

Begitu juga masyarakat yang mengendarai kendaraan, kata dia, sebaiknya beristirahat jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir guna mengurangi risiko kebencanaan.

BACA JUGA  7 WNA Hilang di Hutan Halmahera, Basarnas Lakukan Pencarian

“Kita lihat di tepi jalan raya banyak pohon terdapat pohon yang usianya mencapai puluhan tahun dan rawan roboh,” kata Agust.

Sementara itu Ali, seorang pengemudi, mengatakan terpaksa istirahat sambil menunggu pohon yang tumbang itu sudah dibersihkan.

“Kami hendak menuju Jasinga, Kabupaten Bogor, untuk mengangkut kebutuhan bahan pokok,” katanya. (02/Ant)

Kesbangpol Banten