Hemmen
Bali, Hukum  

Gak Pakai Lama, Imigrasi Bali Berhasil Bekuk Bule yang Berulah di Pura Pengubengan Besakih

Tim Intedakim Singaraja dan Denpasar berhasil mengamankan tiga WNA asal Rusia yang berulah di Pura Pengubengan Besakih, Karangasem berhasil dibekuk tim imigrasi. Mereka ditangkap di wilayah Ubud, Kabupaten Gianyar, pada Senin (1/5/2023) siang. Foto:istimewa
Tim Intedakim Singaraja dan Denpasar berhasil mengamankan tiga WNA asal Rusia yang berulah di Pura Pengubengan Besakih, Karangasem berhasil dibekuk tim imigrasi. Mereka ditangkap di wilayah Ubud, Kabupaten Gianyar, pada Senin (1/5/2023) siang. Foto:istimewa

SINGARAJA, SUDUTPANDANG.ID – Gak pakai lama, dalam hitungan jam, tiga orang bule yang berulah di Pura Pengubengan Besakih, Karangasem berhasil dibekuk tim imigrasi. Ketiga warga negara asing (WNA) itu ditangkap Tim Intel Dakim Imigrasi Singaraja dan Denpasar di wilayah Ubud, Kabupaten Gianyar, pada Senin, 1 Mei 2023.

Kolaborasi dua Kantor Imigrasi Kanwil Kemenkumham Bali, Kantor Imigrasi Singaraja dan Kantor Imigrasi Denpasar bergerak cepat berhasil menemukan WNA yang menari dengan pose pakaian seronok tersebut.

Kepala Kantor Imigrasi Singaraja, Hendra Setiawan membenarkan WNA yang menari dengan pose tidak pantas di Pure Pengubengan Besakih sudah ditemukan di Ubud sekitar pukul 11.00 WITA.

“Kami lakukan kerja nyata bukan janji belaka, keseriusan kami menanggapi laporan dari masyarakat kami buktikan,” ujar Hendra Setiawan saat dihubungi lewat ponselnya.

BACA JUGA  Kanwil Kemenkumham Bali Monitoring Sistem JDIH di Kabupaten Jembrana

Hendra mengatakan, meskipun di hari libur pihaknya selaku pelayan masyarakat tetap bekerja.

“Kita lihat hasilnya,” tegas Hendra.

Ketiga WNA tersebut laki-laki berinisial SN (37) serta perempuan berinisial IN (35) dan ML (29). Semuanya berkebangsaan Rusia.

Hendra mengucapkan terima kasih atas pelaporan masyarakat desa adat, sehingga pihaknya bisa menangkap ketiga WNA nakal tersebut.

Saat ini mereka diamankan di Kantor Imigrasi Singaraja untuk pemeriksaan lebih lanjut serta menunggu masil koordinasi dengan pengelola Pura Besakih terkait dengan permasalahan adat.

“Kami ucapkan terima kasih atas peran serta masyarakat adat dalam melakukan pelaporan akan perilaku tidak pantas WNA di Bali, karena ini memudahkan kami dalam melakukan penindakan terhadap WNA nakal,” ucap Hendra.

BACA JUGA  Sinergi Berantas Narkoba, Anggiat Terima Kunjungan Audiensi Kepala BNNP Bali

Senada dengan Hendra, Kadiv Keimigrasian Barron Ichsan mengaku sampai tidak tidur semalaman memantau pergerakan Tim Intel Dakim untuk memburu WNA pelanggar adat dan budaya masyarakat Bali.

“Saya sudah perintahkan seluruh jajaran keimigrasian untuk mengejar dan menangkap ketiga WNA yang telah melakukan perbuatan melanggar adat dan budaya yang sangat kita hormati,” tutur Barron.(One/01)

Barron Ichsan Perwakum

Tinggalkan Balasan