Babinsa di Desa Ngadiwono-Pasuruan Lakukan Pendampingan Posyandu Balita

Balita
Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI di Koramil 0819/26 Tosari, Serda Rudi Laksono, Jumat (19/7/2024) melaksanakan pendampingan kegiatan pos layanan terpadi (posyandu) bayi di bawah lima tahun (balita) yang bertempat di Puskesmas Dusun Banyumeneng, Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. FOTO: Kodim Pasuruan

PASURUAN-JATIM, SUDUTPANDANG.ID – Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI di Koramil 0819/26 Tosari, Serda Rudi Laksono, Jumat (19/7/2024) melaksanakan pendampingan kegiatan pos layanan terpadi (posyandu) bayi di bawah lima tahun (balita) yang bertempat di Puskesmas Dusun Banyumeneng, Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Rudi Laksono mengatakan posyandu merupakan salah satu bentuk upaya Kesehatan bersumber daya masyarakat yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat untuk memberdayakan serta memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, bayi dan anak balita.

Kemenkumham Bali

Pelibatan babinsa, kata dia, bekerja sama dengan tim puskesmas sangatlah diperlukan.

Kegiatan seperti ini, katanya, merupakan contoh nyata di lapangan yang dilakukan TNI yaitu babinsa sebagai pemangku wilayah teritorial.

BACA JUGA  Cegah Abrasi, Babinsa dan Warga Bangun Plengsengan Jalan

Sementara itu bidan Desa Ngadiwono, Ayu mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan bidan desa yang dibantu oleh kader PKK dan didampingi babinsa yang ditugaskan membantu untuk mengontrol kesehatan di antaranya balita dan ibu hamil yang berdomisili di Desa Ngadiwono.

Rudi Laksono saat melaksanakan pendampingan mengatakan dalam pelaksanaannya dilakukan penimbangan berat badan balita, pemberian vitamin dan imunisasi, serta pemberian asupan makanan tambahan.

Terakhir, dilakukan sosialisasi penyuluhan tentang kesehatan.

Kesemua pelayanan itu diberikan agar bisa dipantau pertumbuhan serta perkembangannya untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

“Sebagai seorang Babinsa saya akan selalu mendukung penuh dalam pelaksanaan Posyandu guna untuk mewujudkan program pemerintah dalam menciptakan balita yang sehat dan tentunya penanganan pencegahan stunting demi tercapainya generasi penerus bangsa yang unggul,” katanya.

BACA JUGA  Babinsa 1616-06/Tegallalang Adakan Komsos dengan Aparatur Desa Kedisan

Dengan adanya kerja sama antara babinsa dengan pihak puskesmas terkait diharapkan kualitas pelayanan kesehatan bagi balita di posyandu wilayah binaan semakin baik.

Hadir dalam kegiatan di antaranya Serda Rudi Laksono (Babinsa Koramil 0819/26 Tosari), Ayu selaku Bidan Desa Ngadiwono, 5 orang kader posyandu yaitu Rina, Sujarwati, Lusi, Nisa, Sukari dan 32 peserta posyandu yaitu ibu hamil dan balita.(Acz/02)