Sembilan Mahasiswa Indonesia Terima Beasiswa Kuliah S2 dan S3 dari Taiwan ICDF

Luar Biasa, Sembilan Mahasiswa Indonesia Terima Beasiswa dari Taiwan ICDF
Duta Besar Taipei Economic and Trade Office Indonesia (TETO) Mr. John Chen bersama sembilan Mahasiswa Indonesia penerima beasiswa 'Taiwan International Cooperation and Development Fund (ICDF)'.Foto:TETO)

“Sembilan mahasiswa penerima beasiswa Indonesia tersebut akan masuk ke National Taipei University, National Chung Cheng University, National Central University, National Sun Yat-sen University, National Cheng Kung University, dan National Pingtung University untuk menempuh pendidikan Magister (S2) dan Doktoral (S3).

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Sebanyak sembilan mahasiswa Indonesia menerima beasiswa ‘Taiwan International Cooperation and Development Fund (ICDF)’ pada tahun ini. Mereka akan untuk menempuh pendidikan Magister (S2) dan Doktoral (S3) di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Taiwan.

Kemenkumham Bali

Mewakili Kementerian Luar Negeri Taiwan, Duta Besar Taipei Economic and Trade Office Indonesia (TETO) Mr. John Chen, menyampaikan arahan kepada sembilan mahasiswa Indonesia penerima beasiswa Taiwan ICDF), pada Selasa (20/8/2024).

Siaran pers TETO yang diterima Rabu (21/8/2024), menyebutkan sembilan mahasiswa Indonesia tersebut meraih beasiswa “Taiwan ICDF International Higher Education Scholarship Program”.

Mewakili Kementerian Luar Negeri Taiwan, Duta Besar John Chen mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang berhasil meraih beasiswa penuh dari Taiwan ICDF dan mendorong mereka untuk memanfaatkan kesempatan belajar di Taiwan dengan baik.

“Melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Taiwan untuk merasakan adat istiadat dan kebudayaan Taiwan, serta bergabung dengan organisasi kemahasiswaan di universitas dan asosiasi alumni Taiwan di berbagai platform media sosial,” kata John Chen saat menyampaikan arahan di Jakarta, Selasa (20/8/2024).

John Chen berharap setelah para mahasiswa tersebut lulus kuliah, baik mereka tetap tinggal di Taiwan maupun kembali ke Indonesia. Tetap saling berhubungan dan menjadi jembatan penting dalam mempromosikan pertukaran bilateral antara Taiwan dan Indonesia.

Sebagai informasi, sembilan mahasiswa penerima beasiswa Indonesia tersebut akan masuk ke National Taipei University, National Chung Cheng University, National Central University, National Sun Yat-sen University, National Cheng Kung University, dan National Pingtung University untuk menempuh pendidikan Magister (S2) dan Doktoral (S3).

Mereka akan kuliah di berbagai bidang profesional seperti pertanian, teknik mesin, manajemen penanggulangan bencana, perencanaan wilayah dan tata kota, serta bidang pendidikan dengan keseluruhan pembelajaran dibawakan dalam Bahasa Inggris.

Pengarahan kali ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa penerima beasiswa dari Indonesia untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat ke Taiwan. Selain itu, penjelasan semua peraturan terkait beasiswa, kehidupan belajar di Taiwan dan pedoman keselamatan selama di sana.

Saat ini terdapat lebih dari 16.000 mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Taiwan. Menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah mahasiswa terbanyak kedua di Taiwan. Banyak mahasiswa penerima beasiswa yang setelah lulus dan kembali ke Indonesia menjadi semakin berprestasi dan menjadi sahabat yang mendukung Taiwan di kancah internasional.

“TETO Indonesia akan terus mendorong pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan di Taiwan, mempromosikan pendidikan Bahasa Mandarin oleh Pemerintah Taiwan ke seluruh dunia. Kemudian menyediakan beasiswa untuk menempuh pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2) maupun Doktoral (S3) di Taiwan,” ujar John Chen didampingi Deputy Representative TETO, Chen Sheng Peng.

Taiwan menyambut baik mahasiswa Indonesia berprestasi untuk mendaftarkan diri agar mendapat kesempatan belajar. Meningkatkan pemahaman dan dukungan para mahasiswa muda Indonesia mengenai Taiwan, dan meningkatkan pertukaran bilateral antara mahasiswa berbakat Taiwan dan Indonesia.(PR/01)

BACA JUGA  Yonif 310/Kidang Kencana Ikuti Program Beasiswa Prajurit Berprestasi