Koramil Sumberasih Kawal Pelaksanaan ILP Wilayah Binaan

ILP
Koramil Sumberasih Kawal Pelaksanaan ILP Wilayah Binaan (Foto:Kodim 0820/Probolinggo)

PROBOLINGGO, SUDUTPANDANG.ID –Kodim 0820/Probolinggo melalui Anggota Koramil 0820/06 Sumberasih, jajaran melakukan pendampingan dan pengamanan dalam kegiatan pelaksanaan integrasi layanan primer (ILP) di sejumlah titik dalam wilayah teritorialnya, Kamis (5/9/2024).

Pada kesempatan itu, Serda Kasmun mengatakan untuk lokasi kegiatan pelaksanaan integrasi layanan primer (ILP) kali ini berada di Dusun Krajan, Desa Posangit Leres, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Kemenkumham Bali

“ILP merupakan transformasi sistem pelayanan kesehatan primer yang bertujuan untuk mendekatkan layanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat melalui integrasi pelayanan kesehatan primer,” kata Serda Kasmun.

Lanjutnya menambahkan, istilah integrasi pelayanan kesehatan primer atau lebih sering dikenal dengan integrasi layanan primer atau ILP berfokus pada tiga hal.

BACA JUGA  Gunung Semeru Meletus, Lontarkan Abu Vulkanik 700 Meter

Yakni siklus hidup sebagai fokus integrasi pelayanan, perluasan layanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat desa serta memperkuat pemantauan wilayah setempat melalui pemantauan dengan dashboard situasi kesehatan.

“Sasaran ILP meliputi Ibu hamil, bersalin, nifas, bayi dan anak pra sekolah, usia sekolah dan remaja, usia dewasa dan lansia. Ditambah dengan pengendalian penyakit menular dan layanan lintas klaster yang terdiri dari laboratorium, farmasi kegawatdaruratan dan rawat inap,” ujarnya.

Lebih lanjut anggota berpostur tinggi tegap ini mengungkapkan, ILP merupakan implementasi dari transformasi kesehatan pilar pertama yakni transformasi layanan primer. Tujuannya adalah meningkatkan layanan dan fasilitas kesehatan kepada masyarakat.

“Kami ingin masyarakat terlindungi tetap sehat jangan tunggu sampai sakit, untuk itu kami merevitalisasi puskesmas yang fokusnya promotif preventif,” tuturnya.(ACZ/04)