Koramil Sumberasih dan Forkopimcam Giat Bongkar Tempat BAB

Forkopimcam
Koramil 0820/06 Sumberasih bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) setempat melakukan pembongkaran tempat buang air besar sembarangan. (Foto: Koramil 0820/06 Sumberasih)

PROBOLINGGO, SUDUTPANDANG.ID –Koramil 0820/06 Sumberasih bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) setempat melakukan pembongkaran tempat buang air besar sembarangan.

Danramil 0820/06 Kapten Arh I Made Lugianta menyampaikan pembongkaran tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa wilayah binaan secara kolektif telah mencapai status bebas dari perilaku buang air besar sembarangan dan meningkatkan kesehatan masyarakat perilaku hidup bersih.

Kemenkumham Bali

“Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa wilayah Kecamatan Sumberasih sudah bebas dari kebiasaan buang air besar sembarangan yang berpotensi mencemari lingkungan,” kata Kapten Arh I Made Lugianta dalam keterangan tertulisnya.

Danramil Sumberasih juga menambahkan perilaku buang air besar sembarangan merupakan salah satu bentuk perilaku tidak sehat yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, termasuk tanah, udara, dan air.

BACA JUGA  Gempa Guncang Tuban, Jakarta Turut Bergetar

“Dengan adanya pembongkaran tempat buang air besar sembarangan ini kami berharap masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan dengan membangun WC atau jamban yang layak di setiap rumah,” ujarnya.

Dalam momentum ini juga memantau perubahan perilaku hidup sehat di pedesaan serta meningkatkan kualitas sanitasi di wilayah yang sebelumnya masih mengandalkan buang air besar sembarangan.

“Kami mengajak warga untuk sadar dan berkomitmen dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” ujarnya.

Dengan adanya pembongkaran tempat buang air besar sembarangan ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi petugas kesehatan lingkungan dan pemerintah desa untuk terus melakukan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

BACA JUGA  Gunung Ibu di Malut Meletus, Lontarkan Kolom Abu 800 Meter

“Kami ingin memastikan bahwa semua desa di Kecamatan Sumberasih benar-benar bebas dari kebiasaan buang air besar sembarangan dan terus menerapkan pola hidup bersih,” harapnya.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan memastikan bahwa setiap individu memiliki akses ke fasilitas sanitasi yang memadai, dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat akan lebih termotivasi untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan pribadi,” sambungnya.(ACZ/04)