Cegah Banjir, Babinsa Gempol dan Warga Bersihkan Sampah

Banjir
Cegah Banjir, Babinsa Gempol dan Warga Bersihkan Sampah di sungai (Foto:Kodim0819/Pasuruan)

PASURUAN, SUDUTPANDANG.ID –Dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah banjir di musim hujan, anggota Koramil 0819/20 Gempol, Babinsa Desa Gempol, Serka Eko S bersama warga Dusun Gempol Tanjung, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, melakukan pembersihan sampah di sungai lingkungan Dusun Tanjung, pada Sabtu (26/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup warga sekitar dan mengurangi potensi banjir akibat penyumbatan aliran air.

Kemenkumham Bali

Antusiasme warga terlihat jelas dalam kegiatan pembersihan ini. Mereka bahu-membahu mengumpulkan sampah plastik, dan benda-benda lain yang menghalangi aliran sungai.

Salah satu warga, Bapak Bakir menyatakan rasa terima kasihnya kepada Serka Eko S yang selalu aktif mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan.

BACA JUGA  Kasdim 0819 Ikuti Parade Sepeda Tua Regional Jatim

“Kami sangat bersyukur atas keberadaan Pak Babinsa yang selalu mendampingi kami dan memberikan contoh yang baik. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut,” katanya.

Sementara itu Serka Eko S menyampaikan bahwa kegiatan gotong royong seperti ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab bersama dalam menjaga lingkungan.

“Sebagai Babinsa, saya merasa terpanggil untuk membantu dan memberikan contoh kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai. Dengan kerja sama yang baik antara aparat dan warga, kita bisa mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat Desa Gempol semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan peran warga dalam menjaga kebersihan sungai sangat krusial.

BACA JUGA  SMPN 4 Pasuruan Juara 1 di Kompetisi Ki Hajar STEM Basic 2024

“Lingkungan yang bersih bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab kita semua. Semoga kegiatan ini dapat memotivasi desa-desa lain untuk peduli terhadap lingkungan,” tutupnya.(ACZ/04)