Berita  

Ada Lima Fase Gerhana Matahari Cincin, Berikut Penjelasan BMKG

Gerhana Matahari Cincin/forbes.com

Jakarta, SudutPandang.id-Indonesia menjadi satu di antara sejumlah negara yang akan mengalami fenomena gerhana matahari cincin (GMC) pada Kamis (26/12/2019).

GMC adalah fenomena saat terhalangnya hampir semua bagian tengah piringan Matahari oleh piringan bulan.

IMG-20220125-WA0002

Menurut rilis resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), jalur gerhana cincin ini akan melewati 25 pusat kota dan kabupaten di 7 provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

“Saat puncaknya gerhana, matahari yang terlihat dari bumi akan terlihat seperti cincin. Ada lima fase gerhana matahari, yaitu saat kontak awal, kontak kedua, puncak gerhana, kontak ketiga, dan kontak akhir gerhana,” tulis siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang diperoleh SudutPandang.id, Kamis (26/12/2019).

Hasil pemantauan GMC dari ponsel warga Pademangan/Ist

BMKG pun menyiapkan laman resmi live streaming www.bmkg.go.id/gmc/ bagi siapapun yang ingin melihat GMC di beberapa wilayah Indonesia.

“Cuaca hari ini tidak hujan, jadi bisa melihat gerhana matahari cincin di akhir tahun 2019,” ucap seorang warga Pademangan Barat, yang terlihat memandang ke langit sembari mengarahkan kamera ponselnya.(ken)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.