Hemmen

Alhamdulillah, Yatim di Bambu Apus Jaktim “Kebanjiran” Angpau Jelang Lebaran

Santunan Yatim Bambu Apus
(Foto kiri-kanan) Pembawa acara Nasun S Djaih, RT Udin, Ketua RW 01 Sugeng Prayetno dan Lurah Bambu Apus Noviant Wijanarko saat acara buka bersama dan santunan yatim di Kampus B URINDO, Bambu Apus, Jakarta Timur, Sabtu (15/4/2023) Foto: Istimewa

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Para anak yatim di Kelurahan Bambu Apus, Jakarta Timur, “kebanjiran” angpau menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023. Angpau tersebut diperoleh dari para donatur yang ingin berbagi kebahagiaan menjelang Lebaran dalam acara santunan sekaligus buka puasa bersama di Kampus B Universitas Respati Indonesia (URINDO) Jl. Swadaya RT 09 RW 01 Bambu Apus, Jakarta Timur, Sabtu (15/4/2023).

Acara mengusung tema “Tetanggaku Saudaraku” ini dihadiri Lurah Bambu Apus Noviant Wijanarko, Dewan Kota Jakarta Timur Toto Suharto, Ketua Yayasan Pendidikan Respati H. Tony Sugiarso, LMK 01 H. Wagino Barkah, Ketua RW 01 Sugeng Prayetno, tokoh masyarakat yang juga mantan Lurah Cilangkap Nasir Sugiar, para pengurus RW 01 dan RT 09, serta para Kader Dasawisma.

“Anak yatim penerima santunan bukan hanya dari RT 09 saja, ada juga dari RT lain di RW 01 dan RW 05. Alhamdulillah buka puasa bersama dan santunan yatim warga RT 09 RW 01 Bambu Apus di Kampus B URINDO berjalan lancar, meski sore tadi hujan deras,” ucap Ketua RT 09 RW 01 Syamsudin Wirabrata dalam keterangannya kepada Sudutpandang.id.

Atas nama warga, Ketua RT 09 yang akrab disapa RT Udin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, salah satunya H. Tony Sugiarso selaku Ketua Yayasan Pendidikan Respati yang telah memfasilitasi acara warganya.

Menurut RT Udin, selain dikenal mencetak para sarjana generasi penerus bangsa, URINDO juga peduli terhadap lingkungan.

“Kehadiran Kampus URINDO juga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat, banyak kos-kosan, rumah makan, laundry, foto copy dan lain-lain. Kita doakan pembangunan gedung Kampus URINDO yang ke-4 di Jalan Bambu Hitam segera rampung,” tutur RT Udin.

Santunan Bambu Apus
Para anak yatim penerima santunan di Kampus B Universitas Respati Indonesia (URINDO) Jl. Swadaya RT 09 RW 01 Bambu Apus, Jakarta Timur, Sabtu (15/4/2023). Foto:istimewa

Selain santunan, H. Tony Sugiarso juga memberikan 91 bingkisan Lebaran untuk para yatim, janda dhuafa, marbot masjid, lansia, pengurus RT dan lainnya.

“Total donasi santunan yatim terkumpul dari para donatur sejumlah Rp8.550.000, alhamdulillah adik-adik yatim banjir angpau, masing-masing anak dapat Rp500 ribu, ternyata banjir bukan hanya berupa air, tapi juga angpau,” terangnya.

Ia merinci total anak yatim penerima santunan 20 orang. Donasi tersebut juga didistribusikan kader Dasawisma ke para janda lansia sejumlah 16 orang, masing-masing mendapatkan Rp200 ribu serta bingkisan Lebaran dari Pak H. Tony Sugiarso.

“Semoga Allah SWT memberikan kita kesempatan untuk kembali bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun depan dan kembali berkumpul berbagi kebahagian, menebar kebaikan keberkahan Ramadhan,” ucap RT Udin.

Selain H. Tony Sugiarso, ia juga berterima kasih kepada keluarga Adrian Mara Maulana, Kasudin Sumber Daya Air (SDA) Pemkot Jakarta Utara.

“Pak Adrian Maulana tidak bisa hadir karena banyak acara, jadi diwakili oleh orangtuanya Pak H. Umar dan Ibu Hj. Endang yang merupakan mantan Kasudin Kebersihan Pemkot Jakarta Timur,” katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada 27 donatur yang turut mendukung santunan yatim baik secara kolektif maupun pribadi.

THR Lebaran

Santunan Bambu Apus
(Foto:kiri-kanan) Ketua RT 09 RW 01 Syamsudin Wirabrata, Lurah Bambu Apus Noviant Wijanarko, Ketua Yayasan Pendidikan Respati H. Tony Sugiarso, LMK 01 H Wagino Barkah, tokoh masyarakat H Sutrisno dan Ustadz Fiqri (Foto:Istimewa)

Soal viralnya pengurus RT di Jakarta Barat meminta THR, RT Udin menegaskan, pihaknya sama sekali tidak pernah membebankan soal itu kepada warganya.

“Sebetulnya itu sudah berlangsung sejak lama, bahkan bisa dibilang tradisi, bisa dibilang uang ketupat atau apa istilah, tapi yang jelas tidak ada yang mematok, sukarela, semua bertujuan untuk membantu saudara-saudara kita yang akan merayakan Idul Fitri seperti petugas kebersihan, keamanan, intinya tidak memaksa. Kalau sekarang jadi viral ya karena dampak media sosial, dan itu tergantung sudut pandang saja, mungkin bukan THR ya, karena THR itu kewajiban perusahaan kepada karyawannya,” paparnya.

“Alhamdulillah warga saya selalu berpikir positif, baik semua, mereka nawaitu-nya hanya satu, ingin membantu. Setiap ada kegiatan sosial selalu gercep, kami punya slogan Tetanggku Saudaraku, tradisi yang baik berlomba-lomba saling bantu. Dan yang namanya sedekah bukan hanya uang atau materi,” sambung RT Udin.

Setiap kegiatan termasuk laporan keuangan, lanjutnya, selalu diinformasikan di WA Grup warga yang bertujuan agar semuanya transparan.

Santunan Bambu Apus
Para anak yatim penerima santunan di Kampus B Universitas Respati Indonesia (URINDO) Jl. Swadaya RT 09 RW 01 Bambu Apus, Jakarta Timur, Sabtu (15/4/2023). Foto:istimewa

Dalam acara yang berlangsung penuh kebersamaan itu, Alvaro Qoriandra Figo, bintang iklan, pemain sinetron yang merupakan warga RT 09 RW 01 membawakan puisi berjudul “10 Malam Terakhir”. Puisi tersebut ditulis khusus oleh RT Udin.

“Selamat buat Ananda Figo, bagus sekali penampilannya, semoga karirnya sukses lancar dan sukses, warga RT 09 selalu mendukung dan mendoakan yang terbaik untukmu,” ucap RT Udin yang kenal hobi menulis skenario film.

Selain Figo, puisi lainnya berjudul “Sepertiga Malam Terakhir” yang ditulis RT Udin usai shalat qiyamul lail juga pernah dibacakan oleh aktor senior Fuad Idris.(rkm)

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan