Hemmen

Banjir Bandang di Semarang, BPBD: Kerugian Sementara Capai Rp800 Juta

Tim BPBD Kabupaten Semarang, Ahad (26/11/2023) berupaya memindahkan bongkahan batu material usai banjir bandang yang mengakibatkan terputusnya akses jalan penghubung Desa Tajuk dan Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. FOTO: bnpb.go.id

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menyebabkan kerugian untuk sementara jumlahnya mencapai sebesar Rp800 juta, seperti dilansir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) daerah itu.

“Dari hasil asesmen kami terhadap dampak banjir, baik rusaknya pipa pralon maupun pondasi jalan yang tergerus, total kerugian mencapai delapan ratus juta rupiah,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Semarang, Alexander Gunawan dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Ia menjelaskan jumlah itu adalah angka yang dihimpun sementara oleh tim di lapangan berdasarkan pengamatan secara langsung maupun berkoordinasi dengan lintas pemangku kepentingan terkait.

Ditambahnnya bahwa berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Semarang, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

BACA JUGA  BPPTKG: Guguran Lava 1,5 Kilometer Meluncur Dari Gunung Merapi

Meskipun demikian, banjir yang membawa material lumpur, bebatuan besar serta potongan batang dan ranting pohon ini menyebabkan kerugian materil berupa satu motor warga hanyut, saluran air di empat dusun Desa Tajuk rusak, dan tiga akses jalan penghubung antar desa terputus.

“Dua akses jalan sudah kami bersihkan dengan eskavator dibantu pihak BBWS Pemali Juana Jawa Tengah. Untuk jalan penghubung dusun Ngaduman ke Gedong sangat parah, kami bekerjasama dengan komunitas Jeep 4×4 untuk menarik batu yang menghalangi jalan,” katanya.

Ia mengatakan tim gabungan masih berupaya melakukan pembersihan di lokasi dan memperbaiki akses jalan dibantu lintas stakeholder maupun warga setempat.

Banjir bandang menerjang dua desa di lereng Gunung Merbabu, Jumat (24/11).

BACA JUGA  Bupati Resmi Menutup Pameran Hari Jadi ke-77 Kabupaten Asahan

Peristiwa itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kawasan puncak Gunung Merbabu dalam durasi yang cukup lama.

Wilayah yang terdampak meliputi Desa Tajuk dan Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. (02/Ant)

Kesbangpol Banten