BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat

Pengendara sepeda motor melaju di tengah hujan di kawasan Alun-alun Selatan Yogyakarta, Selasa (8/11/2022). FOTO:dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat turun di sebagian besar wilayah provinsi di Tanah Air, termasuk beberapa kota besar.

Dalam peringatan dini cuaca dilansir dari situs BMKG, Senin (21/11/2022), disebutkan hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

IMG-20220125-WA0002

Hujan lebat juga diprakirakan terjadi di beberapa daerah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, wilayah Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Maluku Utara juga berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Secara khusus, sejumlah kota besar dapat mengalami hujan lebat pada hari ini termasuk Yogyakarta, Jambi, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin dan Kupang. Hujan intensitas sedang berpotensi turun di Bandar Lampung, Ambon, Padang dan Medan.

Untuk wilayah Jakarta, lima wilayah administrasi dan Kepulauan Seribu diprakirakan mengalami cuaca cerah berawan sepanjang hari ini.

BMKG memperingatkan wilayah NTT masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir dan longsor.(01/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *