Bupati Aceh Tamiang Apresiasi Respons Cepat PTPN IV PalmCo saat Banjir Besar

Bupati Aceh Tamiang Apresiasi Respons Cepat PTPN IV PalmCo saat Banjir Besar
Direktur Utama PTPN IV PalmCo Jatmiko K. Santosa saat meninjau Posko Pengungsian Paya Beudi, Aceh Tamiang, Jumat (5/12/2025).(Foto:Dok. PalmCo)

ACEH, SUDUTPANDANG.ID – Bupati Aceh Tamiang Armia Fahmi mengapresiasi respons cepat PTPN IV PalmCo yang menjadi salah satu pihak pertama hadir membantu masyarakat saat banjir besar melanda wilayah tersebut. Apresiasi itu disampaikan Bupati saat meninjau Posko Pengungsian Paya Beudi bersama Direktur Utama PTPN IV PalmCo Jatmiko K. Santosa, Jumat (5/12/2025).

Bupati Armia mengatakan, banjir yang terjadi di Aceh Tamiang selama beberapa hari terakhir berdampak luas pada aktivitas warga, terutama di desa-desa yang terisolasi akibat naiknya debit air.

Akses jalan yang terputus membuat sejumlah kawasan di Aceh Tamiang sulit dijangkau, dan PTPN IV menjadi pihak pertama yang mampu menembus lokasi untuk menyalurkan bantuan.

“Kehadiran PTPN IV sangat membantu masyarakat kami. Mereka bergerak cepat bahkan ketika akses masih terputus. Atas nama pemerintah kabupaten dan masyarakat terdampak, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih,” ujar Armia.

BACA JUGA  DKD LSM Kaliber Aceh Laporkan Dugaan Korupsi Pejabat Daerah

Menurutnya, kolaborasi antara pemerintah daerah dan perusahaan sangat diperlukan dalam masa tanggap darurat. Dukungan cepat dari sektor swasta, katanya, membantu pemerintah memfokuskan sumber daya pada penanganan aspek lain dari bencana.

Dirut PalmCo Tinjau Posko

Dalam peninjauan tersebut, Bupati Aceh Tamiang dan Direktur Utama PalmCo berdialog dengan warga yang mengungsi serta meninjau kebutuhan harian mereka. Sejumlah warga mengeluhkan keterbatasan akses pangan, belum tersedianya air bersih, serta kesulitan komunikasi karena beberapa wilayah terputus jaringan.

Menanggapi laporan warga, Jatmiko menginstruksikan jajarannya untuk segera menyediakan air bersih, pakaian anak-anak, bantuan kesehatan, serta sarana pendukung lain seperti generator listrik beserta bahan bakarnya. Ia meminta setiap kebutuhan tambahan dari posko dilaporkan tanpa menunggu prosedur panjang.

“Air bersih harus tersedia. Pakaian anak-anak juga perlu segera disiapkan. Jika ada kebutuhan tambahan, sampaikan langsung agar dapat segera kami tindak lanjuti,” kata Jatmiko.

BACA JUGA  Banjir Bandang Terjang Nagan Raya-Aceh, Warga Mengungsi

Ia menegaskan bahwa perusahaan siap menanggung biaya tambahan demi mempercepat pemulihan di lapangan. Selain bantuan logistik, PalmCo juga telah menyiapkan fasilitas komunikasi darurat berbasis satelit untuk membantu koordinasi tim di wilayah yang kehilangan jaringan seluler.

Bantuan PalmCo

Hingga kini, PTPN IV PalmCo telah menyalurkan lebih dari 50 ton minyak goreng, serta lebih dari 9 ton beras, 1.300 dus mi instan, dan 20.000 butir telur ke posko-posko utama di wilayah banjir. Ratusan dus makanan ringan juga disalurkan untuk mendukung kebutuhan konsumsi para pengungsi selama masa tanggap darurat.

Perusahaan turut mendistribusikan lebih dari 1.700 dus air mineral untuk memastikan ketersediaan air minum di posko pengungsian. Di beberapa unit, PalmCo memasang jaringan internet satelit guna memperlancar komunikasi dan koordinasi di lapangan.

Selain bantuan logistik, PTPN IV juga menyiapkan sejumlah posko pengungsian di area perusahaan sebagai pusat evakuasi dan distribusi bantuan bagi warga terdampak.

BACA JUGA  1.OOO Anak Meriahkan Hari Jadi ke-77 Asahan Bersama Kak Seto

Jatmiko memastikan dukungan kepada masyarakat tidak berhenti pada tahap awal.

“Kami akan terus menambah dan memperluas bantuan. Apa pun yang dibutuhkan masyarakat akan kami upayakan sebaik mungkin. Kami ingin memastikan PalmCo hadir sampai kondisi benar-benar pulih,” ujarnya.(01)