Hemmen

Dumas Online Kemenag RI Mendapat Tanggapan Positif Masyarakat

JAKARTA,SUDUTPANDANG.ID – Pengaduan masyarakat online atau dumas online telah disiapkan Inspektorat Jenderal Kementerian Agama (Itjen Kemenag RI).

Pelayanan Dumas online berbasis website ini telah diintegrasikan dengan SuperApps Pusaka Kemenag sejak awal 2023, menandai komitmen Itjen Kemenag untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

“Melalui Dumas Online terintegrasi SuperApps Pusaka, pelayanan pengaduan masyarakat menjadi lebih mudah, cepat, dan pasti aman karena identitas pelapor dilindungi. Saya yakin ini membawa perubahan positif dan meningkatkan kepercayaan publik pada Itjen Kemenag,” kata Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag Faisal dalam acara Workshop Integritas di Jakarta pada Rabu (6/12/2023).

“Ini mencerminkan peningkatan keinginan masyarakat untuk memanfaatkan layanan digital dalam menyampaikan keluhan. Ini juga mencerminkan kepercayaan mereka dan adanya rasa aman dalam memanfaatkan Dumas online. Semua ini juga tidak lepas dari proses penanganan pengaduan dengan baik,” paparnya.

BACA JUGA  Hari Amal Bakti Ke-77, Plt Wali Kota Bekasi Ingatkan Kerukunan Beragama

Irjen Faisal menekankan bahwa layanan Dumas online tidak hanya memudahkan, tetapi juga lebih interaktif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Selama setahun terakhir, terobosan ini telah mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat, terlihat dari peningkatan jumlah pengaduan yang disampaikan secara online melalui website. Dari total 689 pengaduan yang diterima sepanjang tahun 2023, 35% atau 246 di antaranya disampaikan secara online.

Barron Ichsan Perwakum