Hemmen

Erick Thohir Beri Catatan Timnas U-23 Usai Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2024

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia U-23 (foto: antara)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID –Setelah sukses mengalahkan Turkmenistan U-23, 2-0, di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023). Timnas Indonesia U-23 memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Gol Indonesia dicetak oleh Ivan Jenner di babak pertama dan Arhan Pratama di babak kedua.

Indonesia meraih hasil sempurna sekaligus menjadi juara Grup K dengan menyapu bersih kemenangan penyisihan grup. Pada laga sebelumnya, skuad Garuda Muda mencukur China Taipei 9-0.

Kemenkumham Bali

Kemenangan tersebut sekaligus mengantarkan Garuda Muda ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Ini juga jadi sejarah baru buat Garuda Muda yang lolos untuk kali pertama ke Piala Asia U-23 sepanjang sejarah.

BACA JUGA  Puan Ungkap Kandidat Cawapres Pendamping Ganjar, Ada Mahfud MD hingga AHY

Tentu, keberhasilan tersebut masih meninggalkan sejumlah catatan dari PSSI.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir membeberkan catatan atas penampilan Timnas Indonesia U-23 kepada awak media. Menurutnya, Timnas U-23 masih mengalami kekurangan di stok pemain.

Salah satu stok pemain yang masih kurang ada di pos gelandang. Menurutnya, hanya ada Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner, sosok paling penting di posisi gelandang Garuda Muda saat ini.

“Tapi kita masih banyak kekurangan,” ujar Erick Thohir di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023).

“Tadi kalau kita lihat di gelandang kita itu cuma ada Marselino (Ferdinan) dan Ivar (Jenner).Pas ada rotasi kelihatan kita (melemah).Jadi memang itu saya bilang bahwa kita harus terus mencari pemain pelapis,” ujarnya

BACA JUGA  Tim Pemkab Asahan Turun Tindaklanjuti Aspirasi Warga Simpang Empat

Karena itu, pihaknya mengaku masih belum berpuas diri atas kemenangan ini. Erick Thohir mengaku kemenangan ini jadi momentum untuk terus menggenjot perkembangan pembinaan usia dini Indonesia.

Ia mengaku butuh 150 pemain yang cocok di semua level Timnas, dari tingkat senior sampai U-17.

“Nah, ini juga yang kenapa saya berkali-kali jangan berpuas diri. Jangan kemenangan ini jadi euforia,” kata Erick Thohir.

“Tetapi bagaimana kemenangan ini terus justru membangun dari grassroot dari U-17, U-20, U-23 dan kita bisa lihat juga banyak pemain ini juga masuk tim senior juga.Nah ini yang saya rasa menjadi catatan tersendiri buat kami di PSSI untuk terus mempersiapkan pemain,”sambungnya.(PR/04)