JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Global Airport Ranking AirHelp yang diakses pada Sabtu, 6 Januari 2024, mengumumkan daftar 10 bandara terburuk di dunia pada tahun 2023. Tiga di antaranya berada di Indonesia.
Bandara ketiga tersebut adalah Bandara Internasional Syamsudin Noor (Banjarmasin), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (Denpasar), dan Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta).
Bandara Syamsudin Noor mendapatkan skor OTP sebesar 5,2, opini pelanggan 8,2, dan indikator food and shop sebesar 8. Skor akhir sebesar 6,39 menempatkan bandara ini pada posisi terakhir yaitu 194. Sementara Bandara I Gusti Ngurah Rai meraih skor waktu yang sangat sulit sebesar 5,5, opini pelanggan 7,9, dan ketersediaan toko dan makanan 8,3. Skor akhir 6,55 membuatnya menduduki peringkat ke-189.
Sedangkan Bandara Halim Perdanakusuma mendapat skor OTP 5,7, opini pelanggan 8, dan ketersediaan toko dan makanan 8,1. Skor akhir 6,63 menempatkan bandara ini di peringkat 185.
AirHelp menggunakan tiga indikator dalam penilaiannya, yaitu tingkat ketepatan waktu atau on time performance (OTP), opini pelanggan, dan ketersediaan toko dan makanan (makanan dan toko).
Berikut daftar 10 bandara terburuk di dunia tahun 2023 menurut Airhelp:
1. Bandara Internasional Syamsudin Noor (Indonesia)
2. Bandara Internasional Malta (Malta)
3. Bandara London Gatwick (Inggris)
4. Bandara Lisbon Humberto Delgado (Portugal)
5. Bandara Belgrade Nikola Tesla (Serbia)
6. Bandara Internasional Ngurah Rai ( Indonesia)
7. Bandara Internasional Toronto Pearson (Kanada)
8. Bandara Sofia (Bulgaria)
9. Bandara Marseille Provence (Prancis)
10. Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (Indonesia).
Sedangkan bandara terbaik dunia versi AirHelp adalah Bandara Internasional Muscat dengan total skor 8,54. Bandara yang berlokasi di Oman ini tercatat memiliki skor presisi waktu sebesar 8,4 dengan opini pelanggan sebesar 8,7 dan skor makanan dan toko sebesar 8,9.
Disusul Bandara Internasional Recife/Guararapes-Gilberto Freyre di Brazil dengan total skor 8,49. Bandara ini memiliki skor OTP 8,5 dengan skor opini pelanggan 8,4 dan ketersediaan makanan dan toko 8,7.
Sumber: ATN/ (06)