Hemmen

Gojek dan KCI Kembangkan Fitur

ilustrasi

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Gojek bersama dengan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) mengumumkan kolaborasi dalam mengintegrasikan tiket KRL dengan layanan on-demand, untuk solusi perjalanan secara menyeluruh.

Dalam kolaborasi strategis ini, Gojek dan PT KCI akan mengembangkan fitur di dalam GoTransit yang akan memungkinkan pengguna memesan layanan transportasi Gojek (GoRide dan GoCar) ke dan dari stasiun komuter sekaligus tiket kereta komuter langsung dari aplikasi Gojek hanya dalam satu kali bundle pembelian.

Kemenkumham Bali

Integrasi ini ditargetkan dapat dinikmati oleh pengguna pada awal tahun 2022. Nantinya pengguna dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan GoPay, atau opsi lain seperti LinkAja. Kevin Aluwi, Co-Founder dan CEO Gojek mengatakan, kolaborasi dengan PT KCI ini merupakan langkah awal untuk bisa menghubungkan transportasi publik (middle mile) ke dalam ekosistem Gojek.

“Berdasarkan data internal kami, sebagian besar pelanggan memanfaatkan layanan GoRide dan GoCar sebagai sarana penghubung awal dan akhir perjalanan (first-mile-last-mile) untuk menuju dan dari stasiun kereta api komuter di Jabodetabek. Hal ini menunjukkan kehadiran layanan GoRide dan GoCar telah menjadi bagian penting yang melengkapi transportasi publik guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di wilayah urban seperti Jabodetabek,” kata Kevin dalam keterangan persnya, Rabu (10/11/2021).

Pernyataan Kevin tersebut diperkuat dengan data internal Gojek yang menyatakan 1 dari 2 pelanggan Gojek aktif menggunakan layanan Gojek dari atau menuju hub transportasi. Sebelas (11) lokasi stasiun KRL Commuter Line dan Kereta Jarak Jauh juga menjadi titik berangkat dan tujuan yang paling sering dipesan pengguna layanan GoRide di Jabodetabek, bahkan apabila dibandingkan dengan lokasi lain seperti pusat perbelanjaan, restoran, ataupun toko.

“Kolaborasi strategis dengan PT KCI ini merupakan solusi jitu untuk semakin memudahkan masyarakat bepergian dan akan terintegrasi secepatnya di fitur GoTransit,” lanjut Kevin.

BACA JUGA  Sulap Ujian Jadi Peluang Bersama Gojek

Sejalan dengan Gojek, PT KCI terus mendorong integrasi antarmoda transportasi publik untuk meningkatkan kenyamanan pengguna transportasi publik. Termasuk kemudahan masyarakat berpindah antar moda.

“Kerja sama strategis ini merupakan upaya bersama untuk memaksimalkan integrasi antarmoda sehingga para pengguna dapat melakukan perjalanan dengan mudah, tuntas dengan minim kendaraan pribadi. Hal ini sejalan dengan fokus kami untuk meningkatkan minat masyarakat urban menggunakan transportasi publik,” kata Roppiq Lutzfi Azhar, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia.

Dilanjutkannya, dengan 70 persen lebih Millennials yang saat ini bergabung dengan KAI Commuter, kerja sama dengan Gojek melalui layanan GoTransit ini diharapkan dapat membuahkan inovasi dalam pelayanan masyarakat khususnya pengguna commuterline.

“Kami mengapresiasi kerja sama ini, selain memudahkan akses layanan, kolaborasi ini juga bisa menularkan penggunaan teknologi terkini dalam pengembangan layanan transportasi publik ke depan,” terang Roppiq.(red)

BACA JUGA  Yuk ke JCC Senayan, Taiwan Expo 2024 Kembali Hadir di Indonesia

Tinggalkan Balasan