MAKASSAR, SUDUTPANDANG.ID- Menghadapi antusias lonjakan penumpang di liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Terminal Penumpang Anging Mammiri, Pelabuhan Makassar, Putut Sri Muljianto memantau langsung guna kesiapan Pelindo Regional 4 Makassar dalam menghadapi arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).
Pada kesempatan tersebut, Diektur Pengelola Pelindo bersama PT Pelayaran Indonesia (Pelni), Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut, Yossianis Marciano, didampingi oleh Division Head Operasi Regional 4 Pelindo, Yusida M Palesang dan General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid, melakukan sidak untuk mengecek kesiapan Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar.
“Dalam sidak kali ini, kami akan mengecek satu per satu fasilitas pendukung untuk memastikan kesiapannya, seperti ruang VIP, ruang menyusui, toilet, dan ruang tunggu di Terminal 1 dan Terminal 2 di Pelabuhan Makassar,” kata Putut dalam keterangan tertulisnya Jumat (9/12)
Selain itu, sebagai bagian dari kerja sama peningkatan kualitas pelayanan bagi penumpang kapal, Pelindo dan Pelni berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan khususnya kargo. Kapal Pelni mengangkut dua jenis barang, yaitu barang resi dan bagasi penumpang.
Proses saat ini dinilai masih belum efisien, dimana antara barang dan bagasi masih dipisahkan melalui dua rute yang berbeda, dengan resiko barang tercecer atau hilang.
“Makanya kami yakni Pelindo dan Pelni juga berkoordinasi dalam kunjungan ini untuk menyelaraskan persepsi terkait alur standard operating procedure atau SOP penanganan kiriman tersebut,” katanya
General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid menambahkan, alur pengelolaan barang akan sama ke depan, yakni melalui area konsolidasi yang ditentukan bersama, yakni gudang 104.
Suhadi mengatakan, struk atau barang bawaan penumpang pun semuanya diimbangi dengan area konsolidasi agar aman dan nyaman, serta pergerakan barang terpantau dengan baik.
Direktur Pengelola beserta rombongan juga mengunjungi RTS (Ruang Tunggu Sementara) yang dibangun Pelindo untuk memberikan pelayanan tambahan kepada penumpang yang menunggu kedatangan kapal atau transit antar kapal (selama 24 jam)
Usai kunjungan lapangan, rombongan menggelar diskusi bersama di ruang rapat serbaguna lantai 7 Kanwil 4 Pelindo untuk menyamakan persepsi, dan persiapan matang, cepat dan progresif karena arus penumpang dari Nataru diprediksi segera datang dan melonjak.
Selain itu, kondisi masyarakat pascapandemi membuat masyarakat kaget dan ingin segera pulang ke rumah setelah sekian lama diisolasi dengan protokol kesehatan 5M Covid-19.(04/TIM)