HUT Ke-33, FIFGROUP Sumbang 33.000 Kantong Darah

Program donor darah, yang diikuti oleh jajaran Direksi FIFGROUP menyambut HUT ke-33, yang hasilnya akan disumbagkan kepada PMI DKI Jakarta. FOTO: FIFGroup

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Dalam rangkaian Kemilau HUT ke-33 tahun FIFGROUP, sebagai salah satu anak perusahaan Astra, turut ambil bagian dalam berkontribusi pada ketersediaan kantong darah di Indonesia dengan menyumbang sebanyak 33.000 kantong darah.

Selain itu, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (29/5/2022), juga dilakukan program donor darah, yang diikuti oleh jajaran Direksi FIFGROUP, yakni Chief Executive Officer FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, Finance Director, Hugeng Gozali, serta Operation Director, Setia Budi Tarigan.

IMG-20220125-WA0002

Menurut Margono Tanuwijaya hasil donor darah itu nantinya akan diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta.

“Darah dapat menyelamatkan jutaan nyawa dan meningkatkan status kesehatan pasien setiap harinya,” katanya.

Usai ikut melakukan donor darah, ia menyatakan kegiatan itu baik untuk dilakukan karena dengan melakukan donor darah secara rutin dapat menurunkan kekentalan darah dalam tubuh yang juga membawa manfaat bagi tubuh.

Ia menambahkan FIFGROUP berkomitmen untuk terus berupaya mendukung usaha pemerintah dalam memenuhi kebutuhan ketersediaan kantong darah dan hadir untuk memberi manfaat bagi Indonesia.

Hal ini sesuai dengan misi perusahaan yaitu Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat.

Setelah sebelumnya lebih dari dua tahun hidup berdampingan dengan COVID-19, katanya, berbagai upaya terus dilakukan agar dapat keluar dari masa yang sulit tersebut. Salah satunya, adalah dengan saling membantu antar sesama melalui penyediaan kantong darah.

Ia merujuk data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia sekitar 5,1 juta kantong darah per tahun atau setara dengan 2 persen jumlah penduduk Indonesia.

Sebagai salah satu anak perusahaan Astra, FIFGROUP turut mengimplementasikan kemeriahan HUT ke-65 Astra bertema “Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama” untuk mengajak masyarakat dan seluruh Insan Astra terus maju dan adaptif dalam berkarya guna memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Hal-hal tersebut menjadi dasar pemikiran FIFGROUP yang juga bagian dari Astra Financial untuk turut ambil bagian dalam berkontribusi pada ketersediaan kantong darah di Indonesia, melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), menggelar aksi donor darah karyawan bertajuk “Setetes Darahmu, Berharga Bagi Diriku” dengan target 33.000 kantong darah sepanjang 2022.

Kegiatan dilakukan di 83 titik cabang dan juga kantor pusat FIFGROUP di Menara FIF, Jakarta Selatan sejak Januari-Mei 2022.

Human Capital, General Support, and Corporate Communication Director, Esther Sri Harjati, menjelaskan donor darah memiliki filosofi saling berbagi kehidupan kepada yang membutuhkan.

Hingga April 2022, katanya, kantong darah yang sudah terkumpul sebanyak 8.242.

“Kami akan terus mengusahakan selama 2022 ini, FIFGROUP mampu memberikan kontribusi yang mencapai target yaitu 33.000 kantong darah sampai dengan akhir tahun 2022,” katanya.

FIFGROUP bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta dalam pelaksanaan donor darah, baik yang dilakukan di kantor pusat, dan juga yang dilakukan di 83 titik cabang se-Indonesia.

Salah satu karyawan FIFGROUP yang menjadi pendonor darah Risa Sari Dewi mengatakan bersyukur atas diadakannya kegiatan mulia ini.

“Selain bisa membantu orang lain melalui darah yang didonorkan, kita juga bisa menjaga kesehatan tubuh. Semoga kegiatan ini bisa terus dilakukan dan dapat menjadi program rutin yang terus berlanjut dari tahun ke tahun,” katanya.

Pendonor lain Daniel Hernandi Setiawan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat dibutuhkan khususnya dalam kondisi setelah pandemi.

“Bersyukur, saya lolos skrining untuk menjadi salah satu pendonor darah hari ini. Saya sungguh berharap, dapat membantu mereka yang sedang membutuhkan,” katanya.

Menurut laman ayodonor.pmi.or.id, donor darah adalah orang yang memberikan darah secara sukarela untuk maksud dan tujuan transfusi darah bagi orang lain yang membutuhkan. Semua orang dapat menjadi donor darah jika memenuhi persyaratan yang berlaku.

Beberapa persyaratan untuk menjadi pendonor darah adalah (1) sehat jasmani dan rohani, (2) usia 17- 65 tahun, (3) berat badan minimal 45 kg, (4) tekanan darah: sistole 100-170 dan diastole 70-100, (5) kadar haemoglobin 12,5g% s/d 17,0g%, (6) nterval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 5 kali dalam 2 tahun). (um)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.