BADUNG, SUDUTPANDANG.ID – Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, didampingi Dirlantas Polda Bali Kombes Pol Indra, dan beberapa Pejabat Utama Polda Bali menghadiri peresmian layanan Samsat Kerthi, Samsat Drive Thru, Mobile Samsat Drive Thru dan SKCK Drive Thru di Kantor Samsat Badung, Jl. I Gusti Ngurah Rai No 203 Mengwi, Jumat (7/5/2021).
Acara ini juga dihadiri Gubernur Bali I Wayan Koster, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra, Kepala Bappenda Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra, dan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.
Hadi juga Kepala Cabang Jasa Raharja Provinsi Bali, Kepala Pimpinan BRI Cabang Gajah Mada, Direktur Utama PT. BPD Bali, Ka UPT Badung, dan Perwakilan Ombudsman Bali.
“Pada hari ini akan dilaksanakan peresmian beberapa inovasi pelayanan publik. Ini merupakan upaya kita bersama dalam rangka memperbaiki dan mengoptimalkan infrastuktur pendukung dalam pelaksanaan tugas kepolisian sesuai dengan 100 hari program Prioritas Kapolri Presisi, prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan, yang tercantum dalam kebijakan utama nomor tiga yaitu transformasi pelayanan publik,” ujar Kapolda Bali, Putu Jayan Danu Putra, dalam sambutannya.
Menurutnya, berbagai inovasi yakni Samsat Kerthi, Samsat Drive Thru, Mobile Samsat Drive Thru, dan SKCK Drive Thru merupakan inovasi pelayanan yang beberapa waktu lalu telah disusun ,dan coba untuk dijalankan.
Namun perlu optimalisasi dengan melakukan evaluasi di beberapa tahapan pelayanan. Terlebih lagi di situasi pandemi saat ini yang sudah berjalan kurang lebih 1 tahun lamanya.
“Saya selaku Kapolda Bali menyambut baik atas pelaksanaan inovasi ini sebagai bentuk upaya Polri dan instansi terkait dalam menjawab kebutuhan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan perkembangan situasi,” ujar Kapolda Bali.
Hal ini, jelas Kapolda Bali, menindaklanjuti pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan bahwa dengan adanya pandemi ini perlu didorong penyelenggaraan layanan publik melalui transformasi pelayanan dengan menghadirkan terobosan-terobosan.
“Cara-cara baru, dan inovasi, serta mencari smart shortcut yang dapat di implementasikan dengan baik sehingga pelayanan publik diharapkan dapat dilakukan dimana saja, dan kapan saja sebagai sebuah layanan one stop service,” katanya.(one)