Keluhan Soal Aplikasi PeduliLindungi, Warga Bisa Mengadu ke Nomor WA Ini

ilustrasi

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan kanal chatbot WhatsApp PeduliLindungi. Layanan ini dianggap memudahkan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan terkait sertifikat vaksin, status vaksinasi, dan data diri pada aplikasi.

“Layanan chat PeduliLindungi dapat diakses 24 jam sehingga diharapkan menjawab kebutuhan masyarakat,” kata Sekretaris Jenderal Kemenkes, Kunta Wibawa Dasa Nugraha saat Peluncuran Chatbot WhatsApp Sertifikat PeduliLindungi, Rabu (10/11/2021).

Kemenkumham Bali

Kunta menjelaskan, layanan chatbot WhatsApp dibuat karena banyaknya pengaduan masyarakat yang masuk melalui email sertifikat@pedulilindungi.id dan call center 119 ext 9. Dalam sepekan, pengaduan melalui email tercatat lebih dari 134.000, sedangkan lewat call center mencapai 80.000.

Menurut mantan Staf Ahli Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Bidang Pengeluaran Negara ini, sebagian besar pengaduan berkaitan dengan sertifikat vaksin dan penyesuaian data, seperti nama maupun nomor handphone.

“Karena (pengaduan) melalui email dan lain-lain itu kan banyak sekali, kita juga kewalahan,” sambungnya.

Kunta mengatakan, masyarakat yang ingin mengakses layanan chatbot bisa menghubungi WhatsApp Kemenkes RI 081110500567. Setelah menghubungi nomor tersebut, masyarakat diarahkan untuk verifikasi dengan memasukkan kode One Time-Password (OTP).

“Verifikasi nanti dengan memasukkan kode OTP pada nomor telepon yang terdaftar di aplikasi PeduliLindungi. Selanjutnya nanti muncul menu download dan seterusnya sehingga masyarakat bisa memilih sesuai kebutuhannya. Baik dari sisi download sertifikat, status vaksinasi, maupun info diri,” terangnya.

Kunta memastikan layanan chatbot menjamin keamanan data pribadi masyarakat.(red)

BACA JUGA  Indonesia Capai Target Vaksinasi

Tinggalkan Balasan