Hemmen
Kepri  

Mutasi dan Rotasi Polri, Yan Fitri Jadi Kapolda Kepri

Brigjen Pol. Yan Fitri Halimansyah menjabat Kapolda Kepri menggantikan Irjen Pol Tabana Bangun.
Brigjen Pol. Yan Fitri Halimansyah (Foto: istimewa)

SUDUTPANDANG.ID – Brigjen Pol. Yan Fitri Halimansyah menjabat Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) menggantikan Irjen Pol Tabana Bangun.

Sebelumnya Yan Fitri menjabat Karosundokinfokum Divkum Polri. Sedangkan Tabana Bangun kini mendapat tugas baru sebagai Analis Kebijakan Utama STIK Lemdiklat Polri.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Yan Fitri bukan orang baru di jajaran Polda Kepri. Lulusan Akpol 1989 ini pernah menjabat sebagai Wakapolda Kepri.

Sebagai informasi, sebanyak 535 personel baik dari tingkat perwira menengah (pamen) maupun perwira tinggi (pati) Polri.

Mutasi dan rotasi 535 personel Polri itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2749/XII/Kep./2023 dan ST/2750/XII/KEP./2023 yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol. Dedi Prasetyo pada 7 Desember 2023.

“Mutasi hal yang alamiah dalam organisasi Polri. Pergantian dilakukan kepada personel memasuki masa purna bakti. Lalu ada promosi, menambah pengalaman tugas tour of duty dan tour of area serta fokus persiapan pengamanan pemilu dan Operasi Lilin, pengamanan Nataru serta menjaga harkamtibmas,” kata Dedi di Jakarta, Kamis (7/12/2023) malam.

BACA JUGA  Dewan Pers-Polri Tandatangani PKS Perlindungan Kemerdekaan Pers

Dari 535 personel itu, terdapat lima kapolda yang mengalami pergantian pimpinan yakni Kapolda Sulawesi Selatan, Kapolda Kalimantan Selatan, Kapolda Nusa Tenggara Timur, Kapolda Papua Barat dan Kapolda Kepri.

Kapolda Sulsel yang saat ini dijabat Irjen Pol. Setyo Budi Moempoeni Harso diganti Irjen Pol. Andi Rian Djajadi yang saat ini menjabat Kapolda Kalsel.

Adapun jabatan Kapolda Kalsel digantikan oleh Irjen Pol. Winarto yang saat ini menjabat Pati Baintelkam Polri (penugasan pada BIN).

Kapolda NTT Irjen Pol. Johanis Asadoma dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Misinter Divhubinter Polri. Penggantinya yaitu Irjen Pol. Daniel Tahi Monang yang kini menjabat Kapolda Papua Barat.

Pengganti Irjen Pol Daniel sebagai Kapolda Papua Barat yakni Brigjen Pol. Johnny Eddizon Isir yang kini menjabat Karojianstra Sops Polri.

BACA JUGA  Gubernur Ansar Silaturahmi dengan Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Agus Hariadi

Jabatan Kapolda Kepri yang kini dijabat Irjen Pol. Tabana Bangun digantikan oleh Brigjen Pol. Yan Fitri Halimansyah.

Selain jabatan kapolda, ada dua jabatan lainnya yang mengalami pergantian yakni Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi yang memasuki masa pensiun digantikan Brigjen Aan Suhanan yang kini menjabat Dirgakkum Korlantas Polri.

Kemudian Kadensus 88 Antiteror Polri berganti dari Irjen Pol. Marthinus Hukom beralih kepada Brigjen Pol. Sentot Prasetyo.

Irjen Marthinus Hukom mendapat penugasan baru sebagai Kepala BNN menggantikan Komjen Pol. Petrus Golose yang memasuki masa pensiun.(red)

Barron Ichsan Perwakum