Pangdam XII/Tpr Bekali Pasis Dikreg XLVIII Sesko TNI

  • Bagikan
Foto:dok.Pendam XII/Tpr

KUBU RAYA, SUDUTPANDANG.ID – Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) XLVIII Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI dalam rangka Geladi Waskita Dharma secara virtual dari Ruang Rapat Puskodalopsdam XII/Tpr, Senin (3/5).

BACA JUGA  Pangdam XII/Tpr Berikan Arahan ke Prajurit Tamtama Abituren Dikmata PK TNI AD

Geladi Waskita Dharma ini dilaksanakan untuk melatih Pasis dalam menyusun rencana untuk mengantisipasi terjadinya ancaman bersenjata maupun ancaman non militer. Dalam hal ini Kodam XII/Tpr menjadi obyek penyusunan rencana tindakan kontinjensi (Rentinkon) oleh para Pasis.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menjelaskan, bahwa Kodam XII/Tpr memiliki wilayah teritorial yang mencakup dua provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

BACA JUGA  Danlantamal XII Terima Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Di Kalbar terdapat Korem 121/Abw, 8 Kodim, 2 Kotamadya dan 12 Kabupaten, sedangkan wilayah Provinsi Kalteng terdapat Korem 102/Pjg, 7 Kodim, 1 Kotamadya dan 13 Kabupaten.

Selanjutnya, untuk wilayah Korem 121/Abw berada di Kalbar, secara geografis berbatasan dengan Negara Malaysia yang mempunyai garis batas sepanjang kurang lebih 966 Km.

BACA JUGA  Wujud Nyata Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Kodim 1619/Tabanan Gelar Karya Bakti

Kodam XII/Tpr bertanggung jawab dalam menjaga dan mengamankan perbatasan, karena di sepanjang perbatasan masih rawan adanya kegiatan ilegal maupun pelanggaran batas wilayah.

“Sampai saat ini, situasi wilayah Kodam XII/Tpr sangat kondusif dan tidak ada kejadian menonjol yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat di wilayah Kodam XII/Tpr,” kata Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

BACA JUGA  Ketua PSMTI Kalbar Hadiri Tatap Muka Tokoh Lintas Agama Bersama Menkopolhukam dan Mendagri

Pangdam XII/Tpr mengatakan, kegiatan Geladi Waskita Dharma merupakan momentum yang sangat penting untuk dapat dijadikan sebagai sarana mengaplikasikan pelajaran yang telah diterima dan kemampuan serta keterampilan para Pasis dalam menyusun rencana tindakan guna menghadapi kontijensi bagi Kotama Operasi TNI.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dansesko TNI telah memberikan perhatian kepada Kodam XII/Tpr sebagai objek dalam penyusunan Rentinkon Pasis Dikreg Angkatan ke-48 Sesko TNI TA 2021 dan merupakan suatu kehormatan bagi Kodam XII/Tpr mendapat kepercayaan dari Sesko TNI dalam penyelenggaraan kegiatan ini,” ucapnya.(L4Y)

BACA JUGA  Mantan Danrindam/Tpr dan Mantan Dandim 1207/BS Dimutasi
  • Bagikan

Comment