Hemmen

Pemungutan Suara WNI di Selandia Baru Berlangsung Aman

Pemilu 2024
Ilustrasi Pemilu 2024

WELLINGTON, SUDUTPANDANG.ID – Pemilihan umum WNI di Selandia Baru berlangsung pada Sabtu (10/2/2023), Tempat Pemungutan Suara (TPS) Wellington mulai dibuka sejak pukul 08.00 waktu setempat dan ditutup pukul 18.00. Proses pemilihan umum berlangsung aman dan lancar.

Tidak ada masalah keamanan di Wellington di Auckland. Tadi pagi sempat ada kepadatan di TPS Auckland, tapi secara umum tidak ada masalah keamanan. Saya kira dengan mengutamakan DPT, DPTB, dan DPK, itu memperlancar arus WNI yang akan melakukan pencoblosan,” ujar Ketua PPLN Wellington Ridwan di TPS Wellington, dikutip KompasTV.

Meskipun pencoblosan di Selandia Baru dilaksanakan pada hari ini, namun penghitungan suara baru akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, bersamaan dengan TPS di Indonesia melakukan penghitungan suara.

BACA JUGA  Survei Terbaru: Erick Jadi Cawapres Paling Banyak Dipilih Masyarakat

Pemungutan suara melalui pos, diakui Ridwan menemui beberapa kendala, misalkan WNI yang terdaftar telah berganti alamat, sehingga surat suara harus dikirimkan kembali ke PPLN. Tahun ini menurutnya ada sekitar 500 surat suara yang dikembalikan ke sekretariat PPLN Wellington karena WNI yang dituju telah berganti alamat.

“Ada beberapa pemilih yang sudah kami kirimkan surat suara, tetapi ternyata pindah alamat. Setelah dia melaporkan alamat barunya, surat suara yang dikirimkan ke alamat pertama dikirimkan kembali kepada PPLN, kemudian kami kirimkan ulang ke alamat baru,” tambahnya.(kompastv/06)

Kesbangpol Banten