Hemmen

Pj Bupati Pasuruan Upayakan Pasar Tradisional Gondanglegi Difungsikan Optimal

Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan, Jawa Timur, Andriyanto saat berkunjung dan berdialog dengan pedagang pasar Gondanglegi, Kecamatan Beji pada Ahad (3/3/2024). FOTO: Pemkab Pasuruan

PASURUAN-JATIM, SUDUTPANDANG.ID – Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan, Jawa Timur, Andriyanto menyampaikan akan mengupayakan agar pasar traisional Gondanglegi, Kecamatan Beji kembali difungsikan optimal seperti sebelumnya.

Hal itu disampaikan pada saat berkunjung dan berdialog dengan pedagang pasar Gondanglegi, Kecamatan Beji pada Ahad (3/3/2024).

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Ia mengatakan hal itu merupakan komitmen dari Pemerintah Daerah untuk membantu membersihkannya.

Tidak hanya itu saja, kata dia, dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Pasuruan akan mempercantik lokasi berjualan para pedagang pasar tradisional tersebut melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Sehingga menghilangkan kesan kumuh untuk dilakukan peremajaan dan renovasi bangunan sebelumnya.

“Yang terpenting Pemerintah Kabupaten Pasuruan hadir. Kami juga berupaya agar pasar Gondanglegi ini lebih cantik dan indah. Untuk kebersihannya nanti juga akan dilakukan pembersihan oleh Dinas Lingkungan Hidup,” katanya.

BACA JUGA  Pemkot Jakbar-LKB Kolaborasi Gelar "Hajatan Anak Yatim"

Pj Bupati juga meminta perwakilan paguyuban pedagang untuk ikut menyuarakan serta memberikan masukan-masukannya dalam Musrenbang Kecamatan Beji.

Harapannya, pembenahan Pasar Gondanglegi dapat segera terlaksana. Terlebih hingga saat ini masih banyak prioritas pembangunan yang sama-sama membutuhkan kehadiran Pemerintah Daerah.

Di waktu yang sama, Pj Bupati menghadiri tasyakuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan doa bersama. Dengan harapan agar pasar Gondanglegi ke depannya bertambah bagus, cantik serta dapat mendatangkan rezjeki bagi para pedagangnya.

“Ini juga tasyakuran agar pasar Gondanglegi bertambah bersih dan ramai. Sekaligus doa bersama supaya para pedagang diberikan kelancaran dalam mencari nafkah,” katanya.

Setelah berdialog, Pj Bupati Andriyanto juga menyempatkan berkunjung ke beberapa lapak yang menjual aneka barang kebutuhan pokok dan sayur-mayur itu. Sembari berinteraksi akrab dan membagikan semangatnya kepada para pedagang yang saat itu sedang berjualan di masing-masing kiosnya.

BACA JUGA  Anggota DPRD Dukung Dinas Pendidikan Saring Penerima PIP dengan DTKS

Upaya revitalisasi tersebut sekaligus merespon keluhan para pedagang terhadap kondisi terbaru Pasar Gondanglegi usai kebakaran pada Maret 2023.

Dilaporkan, 25 kios dari total 87 kios yang ada disana dilaporkan hangus terbakar.

Kondisi itu disampaikan kepada Pj Bupati Andriyanto melalui audiensi yang digelar di Ruang Rapat Dinasti Isyana, Graha Maslahat Komplek Perkantoran Kabupaten Pasuruan pada tanggal 2 November 2023.(acz/02)

Barron Ichsan Perwakum