Hemmen

Polisi Tetapkan Gathan Saleh Jadi Tersangka Penembakan

Gathan Saleh
Gathan Saleh (foto:istimewa)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID –Mantan suami artis Dina Lorenza, Gathan Saleh Halibi resmi ditetapkan sebagai tersangka terkait aksi penembakan terhadap Mohammad Andika di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur pada (8/2/2024) lalu.

Sebelumnya Gathan diamankan oleh Kepolisian Polres Metro Jakarta Timur di sebuah showroom di kawasan Bogor, Jawa Barat pada Rabu (28/2/2024) pagi.

Kemenkumham Bali

“Disimpulkan dan diputuskan bahwa status terduga pelaku dan berdasarkan fakta-fakta hukum dan bukti yang ada, statusnya dari saksi menjadi tersangka,” ujar Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Nicolas Ary Lilpaly dalam konferensi pers kasus penembakan tersebut, Kamis (29/2/2024)

Dalam konferensi pers tersebut, Gathan Saleh Halibi tak dihadirkan sebagai tersangka. Menurut Nicolas, Gathan sendiri yang menolak dihadirkan.

BACA JUGA  Coldplay Sumbangkan Kapal Pembersih Sampah Untuk Sungai Cisadane

“Untuk sementara tersangka belum bersedia untuk ditampilkan,” kata Nicolas Ary.

Di sisi lain, mulai hari ini Gathan Saleh akan menjalani sejumlah pemeriksaan sebagai tersangka. Lelaki 45 tahun itu juga sudah resmi ditahan di Polres Metro Jakarta Timur hingga 20 hari ke depan.

Lelaki yang juga mantan suami Cut Keke itu dijerat pasal percobaan pembunuhan dan memiliki senjata api secara ilegal.

“Untuk pasal yang dipersangkakan pasal 338 juncto pasal 53 terkait percobaan pembunuhan dan/atau pasal 1 ayat 1 UU nomor 12 tahun 1951 UU darurat, terkait dengan membawa atau memiliki senjata api atau senjata tajam tanpa hak,” ujar Nicolas Ary.

Diketahui sebelumnya, motif Gathan Saleh melepaskan tembakannya ke arah temannya itu atas dasar rasa kesal. Gathan dan Andika terlibat cekcok di Whatsapp sebelum akhirnya bertemu dan terjadi aksi penembakan.

BACA JUGA  Kasus Suap Mantan Kajari Bondowoso Segera Diadili di Pengadilan Tipikor Surabaya

“Kedua pihak terduga pelaku dan korban melakukan chatting melalui Whatsapp, di situ lah terjadi saling mengejek,” ucap Nicolas Ary.

Kasus penembakan ini sebelumnya viral di media sosial usai rekaman CCTV di TKP tersebar di media sosial. Dalam video yang beredar, tampak jelas aksi koboi Gathan Saleh Halibi terhadap korban.

Sebagaimana diketahui, Gathan Saleh sudah pernah berhadapan dengan beberapa kasus hukum lainnya. Pada 3 Februari 2021 Gathan Saleh ditangkap polisi karena kedapatan memiliki narkoba jenis ganja

Tak hanya itu, Ghatan juga diduga melakukan penganiyaan terhadap asisten Nathalie Holscher, Steffano Ellya Tingtingon pada Desember 2019 lalu.(04)