PT EPI, Buktikan Jadi Perusahaan Utilitas Terintegrasi di Pelabuhan Nasional

PT Energi Pelabuhan Indonesia
Direktur Utama PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI) Imanuddin (tengah) saat acara Media Gathering bersama Forum Wartawan Maritim (Forwami) di Jakarta, Jumat (25/2/2022)/Foto:istimewa

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI) membuktikan menjadi perusahaan utilitas terintegrasi terkemuka di kawasan pelabuhan nasional dengan keunggulan layanan. Hal ini merupakan implementasi dari visi perusahaan yang berdiri sebagai perusahaan di bidang ketenagalistrikan.

Berangkat dari kegiatan distribusi listrik dan kontraktor ketenagalistrikan, perusahaan ini juga mampu menghadirkan keandalan dalam pengelolaan listrik di pelabuhan.

Untuk mendukung pelabuhan yang ramah lingkungan dan kampanye Green Port, perusahaan ini melakukan investasi pelayanan listrik ke kapal atau yang dikenal dengan Shore Power Connection. Pelayanan tersebut diharapkan dapat mengurangi emisi gas buang dan menghemat biaya bahan bakar yang bersumber dari energi fosil.

Seiring dengan perkembangan bisnis di pelabuhan, anak usaha dari PT Pelindo Jasa Maritim (Group PT Pelindo Persero) dan Haleyora (anak usaha PT PLN Persero) ini, telah mengembangkan usaha di bidang pelayanan air bersih. Mulai mengelola air bersih di Pelabuhan Tanjung Priok, sejak 17 Oktober 2021 lalu.

Menurut Direktur Utama PT EPI, Imanuddin, pengelolaan air dilakukan dengan sistem Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) yang menggunakan air laut. Sehingga diharapkan mengurangi intrusi air laut di Jakarta yang menjadi isu akhir-akhir ini.

“PT EPI menerapkan standar utama dalam pelayanan air bersih ke perkantoran dan kapal yang berkunjung di Pelabuhan Tanjung Priok. Pemeriksaan kualitas air bersih secara rutin dilakukan setiap bulan oleh laboratorium idenpenden terdaftar untuk memastikan air yang kami salurkan selalu memenuhi baku mutu kualitas air bersih,” ujar Imanuddin, saat acara Media Gathering bersama wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Maritim (Forwami) di Kantor Pusat EPI, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (25/2/2022).

PT Energi Pelabuhan Indonesia
Media Gathering PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI) bersama Forum Wartawan Maritim (Forwami) di Jakarta, Jumat (25/2/2022)/Foto:istimewa

Ia menerangkan, sejalan dengan perkembangan digitalisasi, pihaknya senantiasa menerapkan teknologi di semua lini.

“Kepada pelanggan, pada 26 Januari 2022, kami telah meluncurkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) yang dapat memudahkan pelanggan untuk memeriksa transaksi dengan PT EPI,: jelasnya.

“Kami siap untuk menjadi PT EPI sebagai perusahaan utilitas terintegrasi terkemuka di kawasan pelabuhan nasional dengan keunggulan layanan yang merupakan visi dari perusahaan,” sambung Imanuddin penuh semangat, dalam acara dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut.(red)

Tinggalkan Balasan