Semoga Tragedi Kanjuruhan Tak Jadi Penghalang Suporter ke Stadion

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Tragedi kelam yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (1/10/2022) malam, menjadi duka untuk dunia sepak bola. Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, berharap momen pahit itu bisa berefek pada perbaikan sistem keamanan.

Menurut Thomas, keamanan suporter atau penonton harus mendapatkan prioritas dalam sebuah pertandingan. Sebab, suporter merupakan salah satu elemen vital dalam sepak bola.

IMG-20220125-WA0002

“Kita harus memperbaiki sistem keamanan agar lebih bagus, semua penonton di stadion aman, semua sehat, dan pulang ke rumah dengan selamat,” kata juru taktik asal Jerman itu kepada para media di Nirwana Park.

Thomas berharap saat Liga 1 2022/2023 digulirkan lagi, suporter tetap diperbolehkan hadir di stadion.

BACA JUGA  Diringkus Polisi "Letnan Jenderal NATO" Sunda Empire Masih Pede

“Saya berharap para suporter bisa melihat sepak bola kembali. Saya pikir suporter harus ada lagi karena sudah dua tahun tanpa sepak bola efek pandemi. Saya pikir jika tanpa penonton di stadion, itu bukan hal yang bagus,” ujarnya.

“Sepak bola tanpa suporter menurut saya akan berbeda. Atmosfernya berbeda, sepak bola tanpa suporter seperti pertandingan latihan. Tidak ada emosional yang semua dirasakan pemain dan tim serta mereka (suporter) hanya menonton lewat televisi,” kata Thomas lagi. (06)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *