Hemmen

SMPN 255 Jakarta Siap Berjuang Raih Prestasi LCCM Tingkat Nasional

SMPN 255 Jakarta LCCM
Tim LCCM SMPN 255 Rizki Adhi Permana (kanan) Arkana Adis Pratama (tengah) dan Ismail Permata Yorsandhi (kiri) bersama Kabid Pelindungan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Linda Enriany, Ketua AMI Jakarta Paramita Jaya Yiyok T. Herlambang, Plt. Kepala SMPN 255 Heru Purnomo, para guru pembimbing saat acara pembekalan di SMPN 255 Jakarta, Selasa (29/8/2023. (Foto: istimewa)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – SMPN 255 Jakarta siap berjuang untuk meraih prestasi dalam Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) Tingkat Nasional pada Oktober 2023 mendatang.

Demikian disampaikan Tim LCCM SMPN 255 yang terdiri dari Rizki Adhi Permana, Arkana Adis Pratama dan Ismail Permata Yorsandhi saat acara pembekalan di sekolahnya, Jl. Radin Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (29/8/2023).

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

“Kami siap berjuang untuk meraih prestasi terbaik dalam LCCM Tingkat Nasional untuk mengharumkan nama Provinsi DKI Jakarta, mohon doanya untuk semuanya,” ujar Arkana Adis Pratama didampingi Rizki Adhi Permana dan Ismail Permata Yorsandhi.

Mewakili timnya, Arkana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan support luar biasa kepada Tim LCCM SMPN 255 Jakarta.

“Bapak Kepala Sekolah, tim pembimbing, para guru semua, Asosiasi Museum Indonesia DKI Jakarta Paramita Jaya, Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan tentunya kedua orang tua tercinta, serta teman-teman semuanya, terima kasih atas dukungannya,” ucapnya.

Mereka juga bersyukur dapat menjuarai Lomba Cerdas Cermat Sejarah dan Permuseuman (LCCSP) Tingkat SMP se-DKI yang digelar di Museum Betawi beberapa waktu lalu, sehingga mewakili Provinsi DKI dalam LCCM Tingkat Nasional.

“255 Jaya, DKI Juara, Museum di hatiku,” kata siswa kelas 9 saat memekikkan yel yel.

Plt. Kepala SMPN 255 Jakarta, Heru Purnomo mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Paramita Jaya dan Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi DKI atas support luar biasa kepada anak didiknya.

“Apresiasi dan dukungan ini harus dijawab dengan prestasi di tingkat nasional, ini bukan hanya membawa nama personal atau tim dan SMPN 255 Jakarta saja, tapi nama Provinsi DKI Jakarta di tingkat nasional,” ujar Heru Purnomo, saat menyampaikan sambutan.

BACA JUGA  Panitia FFWI 2023 Sosialisasi Pedoman Penilaian Dewan Juri

Heru Purnomo menyampaikan pesan kepada ketiga siswanya, tim guru pembimbing dan para orang tua siswa agar mempersiapkan secara optimal untuk menghadapi LCCM Tingkat Nasional 2023.

“Kita harus menjawabnya dengan menjadi juara 1 tingkat nasional. Obsesinya harus juara satu, jangan mikir juara dua dan tiga. Harus fokus, guru pembimbing harus mempersiapkan semaksimal mungkin,” pesan Heru.

Mewakili Kadisbud Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana, Kabid Pelindungan Kebudayaan, Linda Enriany mengapresiasi SMPN 255 Jakarta yang berhasil menjuarai LCCSP Tingkat SMP se-DKI.

“LCCSP 2023 tingkat SMP se-DKI persaingannya sangat ketat. SMPN 255 Jakarta berhasil meraih juara 1 adalah tim yang terbaik, sehingga berhak mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam LCCM 2023 tingkat nasional,” katanya.

Linda menegaskan, materi soal pada LCCSP dijamin tidak ada kebocoran. Soal disiapkan oleh tim pada malam hari sebelum paginya dilombakan.

“Jadi juaranya benar-benar yang terbaik. Dan saya mengetahui SMPN 255 Jakarta ini memang the best, terkenalbanyak menorehkan prestasi,” ungkapnya.

Ia berharap pada LCCM Tingkat Nasional di Jakarta, SMPN 255 dapat menorehkan prestasi lebih baik lagi untuk membawanya nama harum DKI Jakarta.

“Pada LCCM tahun lalu DKI juara harapan 1, semoga pada tahun ini juara 1,” harapnya diamini semua yang hadir.

Linda juga berpesan agar Tim LCCM SMPN 255 Jakarta untuk selalu menjaga kesehatan dan memanfaatkan waktu belajar, termasuk menyerap semua pembekalan yang diberikan AMI DKI.

BACA JUGA  Mantul! Roy Jeconiah Jadi Juri Lomba Karaoke dan Akustik PWI Jaya-Gudang Coffee

“Terima kasih AMI Jakarta yang telah memberikan pembekalan kepada tim LCCM SMPN 255. Dengan adanya pembekalan oleh AMI DKI Jakarta semoga pada tahun ini DKI Jakarta lebih baik lagi prestasinya. Bagi pihak guru pembimbing, orang tua, dan tentunya anak-anak hebat tetap semangat dan jaga kesehatan. Museum di hati kita, DKI Jaya juara..!,” ucap Linda penuh semangat.

Jalan-jalan ke Malaysia

SMPN 255 Jakarta LCCM
Tim Pembekalan LCCM DKI dari AMI DKI Paramita Jaya pimpinan Yiyok T. Herlambang (kedua kiri) bersama Kabid Pelindungan Kebudayaan Disbud Provinsi DKI Jakarta, Linda Enriany (tengah), Plt Kepala SMPN 255 Jakarta, Heru Purnomo (ketiga kiri) di SMPN 255 Jakarta Timur, Selasa (29/8/2023) Foto: istimewa

Hal senada disampaikan Ketua AMI DKI Jakarta “Paramita Jaya”, Yiyok T. Herlambang. Menurut Yiyok, pembekalan tersebut penting dilakukan agar Tim LCCM SMPN 255 Jakarta selaku perwakilan dari DKI dapat menorehkan prestasi pada LCCM Tingkat Nasional.

“Untuk menyemangati kalian semua anak-anak hebat, bila nanti berhasil juara 1 LCCM Tingkat Nasional maka saya akan memberikan hadiah jalan-jalan ke Malaysia,” ucap Yiyok yang langsung disambut tepuk tangan.

Yiyok menerangkan, pembekalan yang dimulai 22 Agustus sampai dengan 3 Oktober 2023 bertujuan agar Tim LCCM SMPN 255 yang mewakili DKI dapat maksimal menguasai materi tentang permuseuman.

“Mulai dari pengenalan dan pendalaman koleksi museum, diskusi dan evaluasi kunjungan, sejarah, undang-undang kita berikan. Ini semua agar anak-anak hebat jadi semakin hebat dan dapat meraih juara 1 LCCM Tingkat Nasional,” terangnya.

Tri Rahmawati Erma Puspita Asri, Suwarti dan Indriati, selaku guru pembimbing LCCM SMPN 255 Jakarta juga bersyukur atas prestasi ketiga anak didiknya yang berhasil meraih juara dalam lomba tingkat Provinsi DKI Jakarta.

“Anak-anak hebat, mari kita kembali berjuang untuk LCCM Tingkat Nasional. Jika tahun lalu juara harapan 1, maka pada tahun ini kalian harus juara 1 untuk mengharumkan nama DKI Jakarta. Tetap semangat anak-anak ku semua,” ujar Tri menyemangati.

BACA JUGA  Dirut PLN: Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia Sudah Terbentuk
SMPN 255 Jakarta LCCM
Tim LCCM SMPN 255 perwakilan DKI Jakarta yang akan mengikuti LCCM Tingkat Nasionalmbersama Ketua AMI Jakarta Paramita beserta narasumber, Kabid Pelindungan Disbud DKI, Plt. Kepala SMPN 255, Guru Pembimbing, dan siswa berprestasi pengisi acara pembekalan di SMPN 255 Jakarta Timur, Selasa (29/8/2023) Foto: istimewa

Umi Sjarifah, Widyaningsih Hesti dan Yorsin Marlina Johan, ibu dari ketiga siswa juga menyatakan siap untuk mendukung serta mendoakan yang terbaik bagi buah hati mereka.

“Beli tempe di Jembatan Lima, pulangnya mampir di Cipinang Muara. SMP 255, insya Allah juara,” tutur Umi, ibu dari Rizki Adhi Permana.

Acara yang dipandu Evi Elfia Zulmarni ini juga diisi dengan penampilan luar biasa Farel Garuda Saputra. Siswa kelas 9 yang baru saja menjuarai lomba pidato tingkat Kota Jakarta Timur ini menunjukkan kepiawaiannya dalam olah vokal. Selain itu, ada duet Aldi dan Amirah yang juga tak kalah menarik.

Tari Renggong Manis dari siswi SMPN 255 juga turut memeriahkan acara yang berlangsung penuh kebersamaan tersebut.

Selain para orang tua siswa, hadir juga narasumber dalam pembekalan Tim LCCM Candriat Attahiyat dan Gunawan serta perwakilan dari Sudin Pendidikan Kotamadya Jakarta Timur.(rkm)

Barron Ichsan Perwakum