JAKARTA,SUDUTPANDANG.ID – Pengguna transaksi digital perlu hati-hati dalam melakukan aktivitas dari keseharian di era serba digital, tetap menjaga keamanan siber.
Dompet digital DANA menjadi andalan masyarakat untuk melakukan beberapa aktivitas transaksi digital sekaligus.
Pengguna DANA bisa mengikuti beberapa langkah penting dan mudah, untuk melindungi setiap aktivitas transaksi digital yang dilakukan:
1. Jangan bagikan PIN dan OTP
PIN dan OTP adalah informasi rahasia yang hanya boleh diketahui oleh Anda, pemilik akun. Jangan pernah membagikan PIN dan OTP Anda kepada siapapun, termasuk pihak yang mengaku sebagai petugas atau Customer Care DANA.
Sebab, petugas maupun Customer Care DANA tidak akan pernah meminta PIN dan OTP atas alasan apapun.
2. Ganti PIN secara berkala
Setiap tiga bulan sekali, pastikan untuk mengganti kombinasi PIN terdaftar. Hindari menggunakan informasi pribadi, seperti tanggal lahir atau angka berurutan. Sebaiknya, gunakan angka acak agar keamanan lebih terjaga.
3. Waspada terhadap penipuan jenis apapun
Bentuk penipuan digital kini makin beragam, mulai dari tautan palsu hingga penipuan mengatasnamakan Customer Care DANA. Jangan mudah percaya dengan pesan singkat, surel, atau telepon yang meminta Anda untuk mengklik tautan tertentu atau memberikan informasi pribadi.
4. Aktifkan DANA VIZ
Berikan keamanan berlapis agar akun DANA tetap aman. Caranya, aktifkan autentikasi wajah, DANA VIZ. Selanjutnya, di setiap transaksi, pengguna akan ditawarkan pilihan pembayaran berupa verifikasi wajah.
Arahkan kamera dengan berswafoto agar teknologi VIZ dapat dengan mudah mengidentifikasi wajah pengguna. Jika sukses, pembayaran akan otomatis berhasil.
5. Cek laman DANA Protection, laporkan aktivitas mencurigakan
Pada halaman utama aplikasi DANA, kunjungi bagian DANA Protection di bagian bawah untuk melihat ulang aktivitas transaksi digital Anda dalam 30 hari terakhir.
Aktivitas yang terekam mencakup tanggal, sumber transaksi, hingga informasi mendetil seperti perangkat yang digunakan pada saat transaksi. Apabila ditemukan aktivitas mencurigakan, hubungi segera Customer Care DANA melalui live chat DIANA ataupun 1500 445.
DANA terus berkomitmen untuk selalu patuh pada seluruh peraturan perundangan-undangan yang relevan dan berlaku di Indonesia, seperti Bank Indonesia, Kemenkominfo, maupun institusi berwenang lainnya, guna memastikan pengguna dapat merasakan pengalaman bertransaksi yang aman dan nyaman.
Begitu juga dalam menyediakan layanan keuangan digital, seluruh mitra DANA adalah mitra tepercaya yang diawasi OJK.
Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, pengguna dapat meminimalisir risiko penipuan dan menjaga keamanan transaksi digital.
Pengguna cerdas adalah pengguna yang memahami pentingnya keamanan digital. Informasi lebih lengkap mengenai dompet digital DANA, dapat ditemukan di https://www.dana.id/.
(06/IDXChannel)