Hemmen
Kepri  

Wakapolri Terima Gelar Dato Seri Sakti Bhayangkara Utama dari LAM Kepri

Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto dan istri Ny. Datin Evi Celiyanti menerima gelar adat kebesaran Dato' Seri Sakti Bhayangkara Utama dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri.(Foto: istimewa)
Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto dan istri Ny. Datin Evi Celiyanti menerima gelar adat kebesaran Dato' Seri Sakti Bhayangkara Utama dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri.(Foto: istimewa)

TANJUNGPINANG|SUDUTPANDANG.ID – Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto dan istri Ny. Datin Evi Celiyanti menerima gelar adat kebesaran Dato’ Seri Sakti Bhayangkara Utama dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Upacara penganugerahan gelar adat dilaksanakan di Aula Wan Seri Beni, Komplek Perkantoran Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Sabtu (3/2/2024).

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Dalam keterangan pers yang diterima Minggu (4/2/2024), upacara ditandai dengan pembacaan warkah gelar adat serta pemakaian selempang, tanjak dan pemasangan keris oleh pengurus LAM kepada mantan Kabareskrim Polri tersebut.

Turut hadir Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, yang juga turut menyampaikan rasa bangga terhadap pemberian gelar adat tersebut.

Hasan yang juga sebagai Dato’ Setia Amanah dalam kesempatan itu mengucapkan tahniah dan selamat kepada Wakapolri yang telah menerima gelar adat tersebut.

BACA JUGA  Komisi III DPRD Kepri Tinjau Progres Pembangunan PLTU SOMA di Karimun

“Semoga pemberian gelar ini dapat membawa keberkahan untuk Bapak Wakapolri dalam menjalankan tugas serta amanah sebagai penerus negeri,” ucapnya.

Ia berharap dengan kedatangan Wakapolri untuk penganugerahan gelar adat ini secara tidak langsung memberikan berkah untuk Kota Tanjungpinang.

“Kita melihat bahwa kedatangan dari rombongan Wakapolri ini juga memberikan manfaat bagi masyarakat, sebelumnya rombongan Wakapolri telah melakukan ziarah dan berkunjung serta bersilaturahmi dengan masyarakat di pulau Penyengat. Di sana bapak Wakapolri juga melakukan dialog langsung dengan masyarakat,” harap Hasan.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, dalam sambutannya mengatakan bahwa pemberian gelar Dato’ Seri Sakti Bhayangkara Utama ini merupakan sebuah penghargaan kepada Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto.

BACA JUGA  Cuaca Ekstrem, Keberangkatan Kapal Roro Bintan-Anambas Sempat Tertunda

Lulusan Akpol 1989 itu telah menunjukkan dedikasi dan kontribusi luar biasa dalam menjaga keamanan serta ketertiban bangsa Indonesia.

Menurut Ansar, sosok Wakapolri bukan hanya sebagai seorang pemimpin di Korps Bhayangkara, tetapi juga jadi simbol kearifan lokal dan kesatuan bangsa khususnya budaya Melayu.

“Gelar adat Melayu ini pantas diberikan kepada seorang pemimpin yang berperan besar dalam mewujudkan keamanan,” katanya.(ian/01)

Barron Ichsan Perwakum