Hemmen

Warga RW 01 Bambu Apus Sukses Gelar Pesta Demokrasi

(Berdiri kiri ke kanan) Bendahara RW 01 Waluyo, Ustad Jubaedi Hambali, Ketua RT 03 Lali, Adi Hidayat Staf, Ketua RT 05 Ustad Hamid, Ketua RT 09 Syamsudin Wirabrata, Ketua RT 10 Lukas (Duduk kiri - kanan) Ketua RT 06 Drs Nurdin. M.Si, Ketua RT 11 Rosid, Lurah Bambu Apus Noviant Wijanarko, ST, MM, Ketua RW 01 terpilih Sugeng Prayetno, Camat Cipayung Drs Panangaran Ritonga, Kasie Kesra Kelurahan Bambu Apus Hj.Sanita, SE, Ketua RT 07 Sally, Istri Ketua RT 06 Indriawati, Ketua RT 08 Iswadi (Foto:JJ SP)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Warga RW 01 Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, sukses menyelenggarakan pesta demokrasi di wilayahnya. Pemilihan Ketua RW 01 berlangsung di Aula Balai Rehabilitasi Sosial Anak Yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Handayani Jl. P.P.A Bambu Apus, RT 6 RW 1, Rabu (20/10/2021).

Masing-masing RT diwakili 7 orang pemilih terdiri dari Ketua RT, Sekretaris, Bendahara, Kader dan tokoh masyarakat sejak pukul 08.00 WIB berbondong-bondong menuju TPS untuk memberikan suaranya memilih Ketua RW 01 periode 2021 – 2024.

Proses pemilihan dilaksanakan sesuai Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 43/SE/2021 dan Nomor 44/SE/2021 tentang pelaksanaan pemilihan Ketua RT/RW dan anggota LMK di masa pandemi Covid-19. Semua pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan.

Pengamanan dilakukan oleh petugas security internal yang dibantu 6 orang anggota Ormas dari Forkabi Sub Ranting 01 pimpinan Misar.

Acara diawali menyanyikan lagu “Indonesia Raya, kemudian sambutan dari Ketua LMK RW 01 Karman S.Pd.

(Duduk kiri ke kanan) Farida Staf Camat, Lurah banbu Apus Noviant Wijanarko, ST, MM, Ketua RW 01 terpilih Sugeng Prayetno, Camat Cipayung Drs Panangaran Ritonga, Susilo, Ketua RW 05 H. Koco Komarudin, Ketua RW 02 Haryono, Ketua RW 04 Maliki dan Ketua RW 03 Ir Hermasyah (Berdiri kiri ke kanan) Ketua RT 05 Ustad Hamid, Istri Ketua RW 02 Mini Haryono, Istri Lurah Bambu Apus Hani Wijanarko, Staf Kelurahan Desta, Ketua RT 10 Lukas, Ketua RT 08 Iswadi, Ketua RT 07 Sally, Kasie Kesra Kelurahan Bambu Apus Hj Sanita, SE, Kasie Pem Kelurahan Bambu Apus Setiowati Sirait, S.Sos, dan Bendahara RW 01 Waluyo (Foto:JJ SP)

Hadir dalam pesta demokrasi ala warga RW 01, Camat Cipayung Panangaran Ritonga, Lurah Bambu Apus Noviant Wijanarko, beserta Kasie Pembangunan Setiowati Sirait, para Ketua RW se Kelurahan Bambu Apus dan para Ketua LMK serta para tokoh masyarakat.

“Alhamdulillah berdasarkan proses hitung yang dilakukan secara terbuka di depan kedua calon, maka Ketua RW 01 terpilih adalah Bapak Sugeng Prayetno dengan perolehan 48 suara, sementara Bapa Susilo 26 sura dan tidak sah 1 suara,” ucap Hj. Sanita, Ketua Panitia dari unsur ASN yang menjabat Kasie Kesra Kelurahan Bambu Apus didampingi Lukas Sekretaris Panitia Pemilihan, saat membacakan berita acara hasil penghitungan suara.

Lurah Bambu Apus Noviant Wijanarko mengucapkan selamat kepada Ketua RW 01 terpilih dan selamat menjalankan tugas.

“Saya ucapkan selamat mengemban amanah kepada Bapak Sugeng Prayetno sebaga Ketua RW 01 terpilih, semoga bisa bersinergi dengan saya selaku Lurah dan juga para Ketua RT dan tentunya masyarakat dalam membangun lingkungan RW 01 sesuai visi misinya,” ucap Lurah Bambu Apus yang diamini para Ketua RT dan Panitia Pemilihan Ketua RW 01.

Perhitungan suara pemilihan Ketua RW 01 Kelurahan Bambu Apus/Foto:JJ SP)

“Buat Pak Susilo saya ucapkan terima kasih atas jasanya selama menjabat Ketua RW, tolong jangan sampai putus tali silaturahminya,” sambungnya.

Mewakili panitia dan juga rekan-rekan Ketua RT, Sekretaris Panitia Pemilihan Lukas juga mengucapkan terima kasih atas kepemimpinan Susilo selama memimpin RW 01.

“Kami memohon maaf jika dalam kerjasama melayani warga saya dan para RT lainnya punya kesalahan, ” tutur Lukas, yang juga Ketua RT 10.

BACA JUGA  Hari Ini, PB Percasi Gelar Munas

Salah satu tokoh masyarakat Bambu Apus sekaligus Ketua RW 05 H. Koco Komarudin juga mengucapkan selamat kepada Ketua RW 01 terpilih Sugeng Prayetno. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Susilo yang selama ini menjadi partner kerjanya dalam membangun lingkungan di Bambu Apus.

“Buat Pak Sugeng Prayetno jabatan Ketua RW ini seperti dejavu, karena beliau dulu pernah jadi Ketua RT dua periode kalu gak salah pada tahun 2001 sampai 2007, jadi saya yakin beliau mampu bekerja dengan baik dan bersinergi dnegan para Ketua RW se Kelurahan Bambu Apus. Untuk Pak Susilo tetap semangat, sehat selalu,” ucap pria asli Betawi Bambu Apus sambil mengepalkan tangannya menyemangati Susilo.

Lurah Bambu Apus Noviant Wijanarko, ST, MM (kedua kanan) bersama Camat Cipayung Drs Panangaran Ritonga (ketiga kanan) menyerahkan stempel dan buku register RW 01 kepada Ketua RW 01 terpilih Sugeng Prayetno (keempat kanan) didampingi Ketua LMK RW 01 Karman, S.Pd (paling kanan)/Foto:JJ SP

Sementara itu, Ketua RW 01 terpilih Sugeng Prayetno berharap bimbingan dari para Ketua RT yang merupakan mitra kerjanya. Meski pernah menjabat sebagai Ketua RT selama dua periode, namun situasi saat ini menurutnya sangat berbeda dengan kondisi 14 tahun lalu ketika dirinya mengemban amanah sebagai Ketua RT 2001 – 2007.

BACA JUGA  Analis: Rencana TKN Prabowo-Gibran Laporkan "Koran Achtung" Ancam Kebebasan Berpendapat

“Saya masih belajar dan sangat perlu dukungan bapak ibu RT dalam mendukung kepemimpinan saya, jangan ragu, ingatkan jika saya salah, tegur saya demi kebaikan masyarakat luas, khususnya warga RW 01,” ucap Sugeng Prayetno dalam pidato perdananya sebagai Ketua RW 01.

Proses perhitungan suara pemilihan Ketua RW 01 Kelurahan Bambu Apus/Foto:JJ SP)

“Ini bukan kemenangan Sugeng Prayetno seorang diri, tapi kemenangan semua warga RW 01 baik yang memilih saya maupun yang memilih Pak Susilo, insya allah saya akan merangkul semua dan tidak membeda-bedakan,” sambung pria kelahiran Surabaya 60 tahun lalu ini.

Dengan motto melayani dengan hati adalah ibadah dan visi menciptakan lingkungan yang bersih, indah, sehat, aman dan religius dalam kemajemukan, dirinya insya Allah akan menjalankan amanah sebagai Ketua RW 01 periode 2021 – 2024.

Momentum Maulid Nabi

Masih dalam momentum Maulid Nabi Muhammad SAW, semua yang hadir juga mendapat siraman rohani dari Ustad Jubaedi Hambali sekaligus doa penutup acara.

Rasulullah dalam sabdanya mengingatkan bahwa setiap manusia adalah pemimpin dan pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban. Begitu pula agama Islam mengajarkan agar manusia menjadi pemimpin yang baik, adil, jujur, amanah dan bijaksana.

“Abdullah bin Umar mengatakan, Rasulullah SAW berkata, “Ketahuilah bahwa setiap dari kalian adalah pemimpin dan setiap dari kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya, seorang pemimpin umat manusia adalah pemimpin bagi mereka dan ia bertanggung jawab dengan kepemimpinannya atas mereka,” demikian salah satu hadis yang disampaikan Ustad Jubaedi Hambali.(rkm)

BACA JUGA  Penyaluran BST, Lurah Cililitan: Wajib Patuhi Protokol Kesehatan
Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan