Berita  

Zoom Dikabarkan Mau Tandingi Google Buat Layanan Email?

Dok.Ilustrasi

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Zoom, aplikasi video conference, dikabarkan akan memperluas layanan mereka. Tak tanggung-tanggung, diinformasikan The Information dan dilaporkan Engadget, Jumat (16/9/2022), menyebut akan menghadirkan layanan email serta kalender. Ini tentu saja seperti melawan dominasi Google.

Rencana pengembangan layanan emailnya itu disebut bernama Zmail dan Zcal. Diduga akan diperkenalkan pada konferensi tahunan Zoomtopia pada November mendatang.

IMG-20220125-WA0002

Zoom berhasil mencatat pendapatan per kuartal hingga USD 1,1 miliar. Namun di bawah hasil tersebut, perusahaan melihat pertumbuhan yang lambat dan harga sahamnya turun ke tingkat sebelum pandemi.

Fakta ini menunjukan bahwa Zoom memiliki pesaing yang lebih kuat yakni Google dan Microsoft. Salah satu kelemahan signifikan Zoom adalah banyak bisnis yang menggunakan mereka, seperti halnya penggunaan Workspace dan Office 365. Ketiga layanan tersebut menjadi rangkaian pelengkap untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan produktivitas perusahaan.

Di sisi lain, belum diketahui apakah jika dirilis nanti, Zoom Email dan kalender dapat setara atau bahkan menyaingin Google dan Microsoft, yang sudah memiliki produk seperti Gmail dan Outlook selama bertahun-tahun. Terkait kabar aplikasi email dan kalender ini, Zoom belum memberikan respon apa-apa.(red)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.