Siap-siap, TMMD 121 Segera Digelar di 50 Kabupaten/Kota

Waaster Kasad Bidang Tahwil Komsos dan Bhakti TNI, Brigjen TNI Muhammad Taufik Shobri. (Dispenad)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD akan segera kembali digelar di 50 Kabupaten/Kota.

Kembali digelarnya TMMD diputus dalam Rapat Koordinasi Teknis TNI Manunggal Membangun Desa (Rakornis TMMD) ke-121 yang digelar di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Kemenkumham Bali

Selain membahas evaluasi pelaksanaan TMMD ke-120, Rakornis TMMD ini juga memuat paparan rencana sasaran TMMD ke -121, serta Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) yang akan dilaksanakan di 50 Kodim Satuan Tugas (Satgas) TMMD di seluruh Indonesia.

Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Joko Hadi Susilo, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Waaster Kasad Bidang Tahwil Komsos dan Bhakti TNI, Brigjen TNI Muhammad Taufik Shobri, mengatakan bahwa Rakornis merupakan tahap persiapan sebelum program TMMD dilaksanakan.

Di momen ini, juga dibahas berbagai program pembangunan dari Kementerian, Lembaga, Pemda dan Mitra TNI yang dapat disinergikan dengan TMMD ke-121 Tahun 2024 ini.

BACA JUGA  HUT ke-77 TNI, Kodim Gianyar Gelar Ziarah Nasional

Dengan mengusung tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”, kegiatan positif ini akan dilaksanakan serentak di 50 Kabupaten/Kota dengan sistem Bottom Up Planning meliputi sasaran fisik dan non fisik yang strategis dan menyentuh pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di lokasi TMMD.

“TMMD pada hakikatnya merupakan aktualisasi budaya gotong-royong yang merangkul seluruh elemen bangsa untuk bergandengan tangan, menyatukan perbedaan, menyelaraskan kepentingan lintas sektoral, untuk mengakselerasi pembangunan di daerah, terutama pada hal-hal yang belum tersentuh oleh program pemerintah,“ kutip Waaster.

Rakornis yang dihadiri perwakilan dari Kementerian, Lembaga Non Kementerian, serta diikuti oleh seluruh Kodam, Korem dan Dinas terkait di 50 daerah melalui video conference ini, juga dirangkaikan dengan acara penganugerahan penghargaan kepada Tiga Dansatgas TMMD ke-120 terbaik, yaitu Dandim 1022/Tanah Bumbu, Dandim 0404/Muara Enim dan Dandim 1412/Kolaka.

Digelar pula acara pemberian penghargaan kepada para pemenang LKJ TMMD 120, yang pemenangnya meliputi Kategori Dansatgas Media Elektronik, juara pertama diraih Dandim 1015/Sampit, juara kedua Dandim 1626/Bangli, dan juara ketiga diraih Dandim 0510/Tigaraksa, serta Dandim 1412/Kolaka sebagai Juara Favorit.

BACA JUGA  Komsos Pererat Hubungan Babinsa dengan Aparatur Desa

Untuk Kategori Dansatgas Media Cetak, juara pertama diraih Dandim 1307/Poso, juara kedua Dandim 0619/Purwakarta, dan juara ketiga Dandim 0209/Labuhan Batu, serta juara favorit diraih Dandim 1604/Kupang.

Sementara Kategori Dansatgas Media Online, juara pertama diraih Dandim 0404/Muara Enim, juara kedua Dandim 1022/Tanah Bumbu, dan juara ketiga Dandim 0908/Bontang, serta juara favorit diraih Dandim 0611/Garut.

Sedangkan untuk Kategori Wartawan, juara pertama media elektronik diraih Ismail Y dari TVRI Lampung (Kodim 0423/Bengkulu Utara), juara kedua Erens Jani dari TVRI Maluku (Kodim 1506/Namlea) dan juara ketiga Hari Sukemi dari TVRI Jawa Timur (Kodim 0814/Jombang).

Untuk Kategori Wartawan Media Online juara pertama diraih Bayu Adhi Wicaksono dari Viva.co.id (Kodim 0619/Purwakarta), juara kedua Joko Wiyono dari Times Indonesia (Kodim 0813/Bojonegoro), dan juara ketiga Tumpal Andani Aritonang dari Antaranews.com (Kodim 1001/HSU), serta juara favorit Eris dari Klik Warta (Kodim 1403/Palopo).

BACA JUGA  Dandim Gianyar Menerima Kunjungan Ketua PPAD Provinsi Bali

Kategori Wartawan media cetak juara pertama diraih Tri Suryaningrum dari harian Duta Masyarakat (Kodim 0806/Trenggalek), juara kedua Junaedi Marpaung dari Medan Pos (Kodim 0209/Labuhan Batu) dan juara ketiga Subur Dani dari Serambi Indonesia (Kodim 0105/Aceh Barat). (05)