TP-PKK Gelar “Public Speaking” Untuk Pemimpin Perempuan Sidoarjo

TP PKK
Dalam upaya meningkatkan kapasitas dan memperluas jejaring para pemimpin perempuan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Tim Penggerak (TP) PKK menggelar pelatihan "Public Speaking" yang intensif Senin (29/7) malam di Pendopo Delta Wibawa. FOTO: Humas Pemkab Sidoarjo

SIDOARJO-JATIM, SUDUTPANDANG.ID – Dalam upaya meningkatkan kapasitas dan memperluas jejaring para pemimpin perempuan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Tim Penggerak (TP) PKK setempat menggelar pelatihan “Public Speaking” yang intensif.

Dalam taklimat media yang diterima di Sidoarjo, Selasa (30/7/2024) disebutkan acara yang berlangsung pada Senin (29/7) malam di Pendopo Delta Wibawa ini diikuti oleh pengurus, Ketua TP PKK kecamatan, serta perwakilan kader dari seluruh kecamatan, se-Kabupaten Sidoarjo

Kemenkumham Bali

Sebagai narasumber utama adala Tutus Wahyu Widagdo, seorang ahli komunikasi publik.

Ia memberikan pembekalan mendalam mengenai teknik berbicara di depan umum yang efektif.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para kader PKK dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menyampaikan pesan dengan jelas, meyakinkan dan inspiratif.

BACA JUGA  Bantuan Subsidi Upah Siap Disalurkan September 2022

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) TP-PKK Kabupaten Sidoarjo, dr Sriatun Subandi kemampuan “public speaking” sangat penting.

Dengan menguasai keterampilan ini, kata dia, para kader PKK dapat lebih efektif dalam menyampaikan program-program PKK, memotivasi masyarakat, dan membangun citra positif organisasi.

“Pelatihan ini menyoroti pentingnya memilih kata yang tepat, mengatur nada suara, serta menggunakan bahasa tubuh yang mendukung pesan yang disampaikan. Para peserta juga dilatih untuk mengelola kecemasan saat berbicara di depan umum dan membangun kepercayaan diri,” katanya.

Melalui pelatihan ini, kata dia, para kader PKK dapat menjadi sosok yang lebih percaya diri dan mampu menginspirasi masyarakat.

Dengan kemampuan “public speaking” yang mumpuni, mereka dapat menjadi agen perubahan yang lebih efektif di masyarakat, katanya.

BACA JUGA  Raffi Ahmad dan Nagita Sepakat Ingin Tambah Momongan

Melalui pelatihan ini, diharapkan para kader PKK Sidoarjo dapat menjadi sosok yang lebih percaya diri dan mampu menginspirasi masyarakat.

Dengan kemampuan public speaking yang mumpuni, mereka dapat menyampaikan program-program PKK dengan lebih efektif dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif, kata Sriatun Subandi.

Salah satu peserta dari kader kecamatan mengaku sangat terbantu dengan pelatihan ini.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya mendapatkan banyak tips dan trik untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Saya yakin keterampilan ini akan sangat berguna dalam menjalankan tugas saya sebagai pemimpin,” katanya. (Acz/02)