Pemkab Asahan Terima Kunjungan Tim Penilai PTSP dan PPB 2024

PTSP
Bupati Asahan H. Surya BSc terima Kunjungan Tim Uji Petik Penilaian Kinerja terhadap penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) (Foto:Humas Pemkab Asahan)

ASAHAN, SUDUTPANDANG.ID –Bupati Asahan H. Surya BSc terima Kunjungan Tim Uji Petik Penilaian Kinerja terhadap penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) di ruang kerja Bupati Asahan Rabu (27/8/2024).

Kedatangan tim uji petik ini adalah untuk menilai kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Asahan yang terpilih menjadi 8 besar nomine terbaik dari 416 Kabupaten Se-Indonesia, sebagai Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Tahun 2024 berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi dari Kementerian Investasi/BKPM.

Kemenkumham Bali

Adi Wibowo mewakili Tim Penilai Uji Petik dari Kemenko Maritim Investasi mengatakan kunjungan kami untuk melakukan penilaian kinerja PTSP dan PPB Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Kabupaten Asahan.

“Kami lakukan disini berdasarkan aturan dari Kementerian Investasi dan bkpm no 2 tahun 2022 tentang penilaian kinerja PTSP dan PPB Pemerintah Daerah serta kinerja PPB Kementrian Negara dan lembaga teknis penilaian dan juga berdasarkan keputusan Mentri Investasi PKPM no 134 tahun 2023 tentang petunjuk teknis penilaian kinerja PTSP dan kinerja PPB Pemerintah Daerah,” ujar Adi Wibowo dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA  ALMI Laporkan Artis RK ke Polisi Terkait Dugaan Video Syur

“Penilaian ini juga tidak hanya di lakukan Kementrian Investasi tetapi juga dilakukan bersama sama dengan Kementrian dan lembaga lainnya seperti Hipmi, KPPOD, Kemendagri sehingga kami ini sebagai tim kolektif melakukan penilaian yang selanjutnya nanti hasil penilaian disampaikan ke Kementrian Keuangan,” sambungnya.

Kemudian kunjungan ini merupakan rangkaian terakhir terkait penilaian PTSP dan PPB yang sebelumnya sudah dilakukan penilaian mandiri dan penilaian paparan yang disampaikan di Jakarta.

“Untuk itu, hari ini kami melihat ke sesuaian antara yang sudah di sampaikan pada saat paparan dan situasi dan kondisi di lapangan serta melakukan verifikasi dan kualifikasi dengan pihak pihak yang terkait di perijinan,” jelasnya.

BACA JUGA  Saatnya Bagi Inter, Ambil Alih Klasemen

Lanjutnya menjelaskan ada beberapa tahapan yang sudah dilakukan pada hari ini diantaranya bertemu dengan kepala daerah Bupati Asahan, wawancara dengan sdm dari daerah PTSP, Pelaku Usaha, hipmi, serta mengunjungi pasilitas sarana dan prasarana yang ada sesuai tidak dengan yang sudah dipaparkan.

“Sampai saat ini kita melihat pada prinsipnya Kabupaten Asahan melalui PTSP Kabupaten Asahan kinerjanya cukup baik karena memang PTSP di Kabupaten Asahan ini masuk dalam nomine PTSP terbaik di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Dari delapan terbaik tingkat Kabupaten kita mencari lagi yang terbaik mudah mudahan hasil dari sini bisa memberikan penilaian yang objektif kepada PTSP Kabupaten Asahan dengan hasil baik dan nanti dapat menjadi pemenang.

Di akhir, H.Darwin Idris Nasution SH.MAP selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Asahan mengatakan kedatangan tim penilai menyambut baik kegiatan uji petik.

BACA JUGA  Meriahkan HUT ke 77 RI, Bupati Lepas Gerak Jalan Santai

Kemudian kegiatan ini merupakan tahap akhir dari rangkaian kegiatan penilaian kinerja PTSP dan PPB tahun 2024.

Diketahui acara kunjungan itu turut hadir Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan serta Tim uji petik Penilaian Kinerja PTSP dan PPB Adi Wibowo dari Kemenko Maritim Investasi, Herman N Suparman Direktur Eksekutif KPPOD, JS Meyer Siburian BKPM, Mutia BKPM serta Tim Konsultan.(MA/04)