Pjs Bupati Sidoarjo Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila ke-59

Pancasila
Pjs. Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Muhammad Isa Anshori, di alun-alun Sidoarjo, Selasa (1/10/2024) memimpin Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 yang digelar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. FOTO: HO-Pemkab Sidoarjo

SIDOARJO-JATIM, SUDUTPANDANG.ID – Pjs. Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Muhammad Isa Anshori, di alun-alun Sidoarjo, Selasa (1/10/2024) memimpin Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 yang digelar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Upacara dihadiri oleh Forkopimda dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Kemenkumham Bali

Upacara yang khidmat ini menjadi momentum penting bagi daerah untuk memperteguh semangat persatuan dan keadilan.

Adapun peserta yang hadir dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila, TNI, Polri, Asn, Mahasiswa, Pelajar, Paskibraka, Veteran dan undangan lainnya. Tema dalam Hari Kesaktian Pancasila yang ke-59 ini adalah “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”.

“Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas,” tak hanya menggugah semangat kebangsaan tetapi juga menegaskan komitmen untuk mewujudkan cita-cita besar bangsa Indonesia di masa depan. Dalam situasi global yang semakin kompleks dan dinamis, Pancasila tetap menjadi pemandu arah dalam menghadapi tantangan sosial, ekonomi, dan politik,” katanya.

BACA JUGA  Plt Bupati Sidoarjo Ingin Unusida Jadi Kampus Unggulan

Pjs. Bupati Sidoarjo membacakan teks Pancasila, menegaskan kembali pentingnya menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila di setiap aspek kehidupan.

Sementara itu, Ikrar Hari Kesaktian Pancasila dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, mengingatkan semua pihak bahwa menjaga persatuan dan keadilan adalah tanggung jawab bersama.

Tidak ketinggalan, Hendra Pranata, Kepala SDN Gedangrowo, turut membacakan Pembukaan UUD 1945 sebagai pengingat akan pentingnya landasan konstitusional dalam kehidupan bernegara.

Pjs Bupati menekankan bahwa tantangan ke depan tidak hanya persoalan pembangunan fisik, tetapi juga menjaga nilai-nilai kebangsaan di tengah era digital dan globalisasi.

“Hari Kesaktian Pancasila ini mengingatkan kita semua akan peran penting Pancasila sebagai identitas bangsa. Di tengah arus globalisasi, Pancasila tetap menjadi dasar dan pedoman utama dalam menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa,” ujarnya.

BACA JUGA  Bupati Asahan Buka Rakorpem Bulan April 2024

Upacara yang berlangsung dengan penuh kekhidmatan ini, kata dia, menegaskan bahwa Pancasila tidak hanya sekadar ideologi, tetapi juga menjadi pedoman bagi setiap individu dalam bersikap dan bertindak demi kebaikan bersama.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Sidoarjo juga menegaskan komitmen daerah ini untuk terus menjadikan Pancasila sebagai dasar yang kuat dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan.(ACZ/02)