SURABAYA, SUDUTPANDANG.ID – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo kembali mencuri perhatian publik dalam ajang Surabaya Vaganza 2025, festival tahunan yang menampilkan pawai bunga dan parade budaya. Tahun ini, Pelindo hadir dengan mobil hias bertema ‘Harmoni Laut dan Budaya’, memadukan keindahan alam maritim Indonesia dengan warisan budaya Nusantara.
Dengan visual memukau, mobil hias Pelindo menampilkan sosok Nyi Roro Kidul, simbol ikonik Laut Selatan yang kental dengan nilai-nilai budaya dan spiritualitas masyarakat pesisir. Kehadiran figur ini menjadi pengingat bahwa laut bukan hanya sumber ekonomi, tetapi juga bagian dari identitas dan keseimbangan kehidupan.
Sub Regional Head Pelindo Jawa, Purwanto Wahyu Widodo, menjelaskan bahwa partisipasi Pelindo dalam Surabaya Vaganza bukan hanya untuk menunjukkan kreativitas, tetapi juga menyampaikan pesan penting tentang pelestarian laut.
“Sebagai BUMN di bidang kepelabuhanan, kami punya keterikatan kuat dengan laut. Pelabuhan bukan sekadar tempat bongkar muat, melainkan titik temu antara pembangunan dan pelestarian lingkungan,” kata Purwanto.
Setiap elemen dekoratif mulai dari rangkaian bunga, kostum penari, hingga musik pengiring dirancang untuk menyampaikan nilai-nilai kebudayaan dan pentingnya menjaga ekosistem laut Indonesia.
Pelindo juga mengajak masyarakat untuk bergerak bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan melalui aksi plogging yang dilakukan oleh PT Terminal Teluk Lamong (TTL), anak usaha Pelindo Group. Aksi ini dilakukan dengan memungut sampah di sepanjang area pawai, mengajak penonton terlibat langsung dalam gerakan hijau.
“Kami ingin membumikan semangat green port kepada masyarakat. Di TTL, kami menerapkan konsep pelabuhan ramah lingkungan, dan momen ini adalah sarana untuk berbagi semangat itu,” ungkap Syaiful Anam, Sekretaris Perusahaan TTL.
Sebagai wujud apresiasi dan cinta terhadap kota Surabaya, Pelindo memberikan bonsai dan anggrek kepada Wali Kota sebagai simbol dari keindahan alam yang terjaga dan lestari. Hal ini sejalan dengan tema besar Surabaya Vaganza tahun ini: Menjaga Warisan, Menyelamatkan Alam.
Tak hanya itu, kehadiran influencer lokal Rudi Surya turut memperkuat misi edukatif Pelindo. Dengan gaya komunikatif dan penuh humor, Rudi berhasil menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga folklore dan laut Indonesia kepada generasi muda secara ringan dan menyenangkan.
Partisipasi Pelindo dalam Surabaya Vaganza 2025 menjadi wujud nyata dari visinya sebagai pemimpin industri maritim yang mengedepankan keberlanjutan, pelestarian budaya, dan inovasi hijau. Pelindo Group yang terdiri dari Pelindo Regional 3, SPTP, TPS, TTL, BJTI, PMS, dan PDS menunjukkan sinergi kuat dalam menghadirkan pariwisata berbasis budaya dan lingkungan yang selaras dengan agenda pembangunan berkelanjutan.(PR/04)