Hemmen

BPBD Trenggalek Imbau Masyarakat Waspadai Angin Kencang

Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono
Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono (Foto:Istimewa)

TRENGGALEK, SUDUTPANDANG.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengimbau masyarakat mewaspadai potensi bencana akibat angin kencang di wilayah tersebut.

Imbauan ini seiring cuaca ekstrem yang masih akan terjadi selama beberapa hari ke depan di Kabupaten Trenggalek.

Kemenkumham Bali

“Ada beberapa wilayah di Jawa Timur yang perlu diwaspadai berpotensi terjadi angin kencang pada periode 27 Februari-2 Maret, salah satunya adalah Kabupaten Trenggalek. Untuk itu kami mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono, dalam keterangannya, Selasa (28/2/2023).

Menurutnya, peringatan dini tersebut terus disosialisasikan BPBD Trenggalek melalui akun resmi lembaga tersebut di media sosial maupun melalui media massa.

“Waspada angin kencang berpotensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir genangan hingga banjir bandang, pohon tumbang, serta tanah longsor,” katanya.

Dengan pemberitahuan informasi perubahan cuaca secara berkala, pihaknya berharap dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat sehingga lebih siap dengan adanya ancaman dari dampak cuaca ekstrem.

Ia mengungkapkan, pada Minggu (26/2/2023) sore, dua mobil tertimpa pohon yang tumbang saat melintas di Jalan Nasional Trenggalek-Ponorogo.

“Untuk itu, setiap tiga jam kita berikan pembaruan informasi perkembangan cuaca ke masyarakat lewat media sosial kita. Kalau BMKG secara umum, kalau kita lebih spesifik di 14 kecamatan,” kata Triadi.(Bud/01)

Tinggalkan Balasan