oleh

Corona Mewabah, Kemenhub Batalkan Mudik Gratis

Jakarta, SudutPandang.id-Mudik ke kampung halaman menjelang Lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia. Perusahaan hingga instansi pun mengadakan mudik gratis setiap tahunannya. Namun di tengah mewabahnya virus corona (covid-19), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan mudik gratis pada tahun ini.

Kemenhub juga mengimbau seluruh kementerian, lembaga dan swasta untuk tidak menyelenggarakan mudik gratis tahun ini.

“Karena negara kita masih dalam kondisi darurat COVID-19 sampai bulan Mei. Jadi kita mendukung kebijakan pemerintah, dengan social distancing dan salah satu implementasi yang kita lakukan adalah kita menarik kembali atau menggagalkan atau hold acara mudik gratis yang setiap Lebaran kita selenggarakan,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, Budi Setiyadi, dalam keterangan video Kemenhub, Rabu (25/3/2020).

Budi menerangkan, keputusan itu diambil dalam rangka mendukung kebijakan physical distancing untuk menanggulangi penyebaran covid-19.

“Jadi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini terutama kepada masyarakat yang setiap tahun selalu menggunakan mudik gratis dari Kementerian Perhubungan,” katanya.

Pihanya juga akan membuat surat edaran yang akan ditandatangani oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Isinya seluruh kementerian, lembaga hingga pihak swasta agar tidak menyelenggarakan acara mudik gratis pada tahun ini.

“Mohon kerjasamanya dan kita sekarang sedang fokus untuk menyelenggarakan kegiatan keselamatan keamanan dan kenyamanan termasuk juga adalah bagaimana kita mencegah penyebaran Covid-19 yang sedang merebak di negara kita,” pungkasnya.(bmg)

BACA JUGA  Dithubud Berkontribusi Turunkan Emisi Gas Penerbangan

Komentar

News Feed