BADUNG-BALI|SUDUTPANDANG.ID – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai menjajaki kerja sama dengan manajemen Discovery Mall Bali untuk membuka lounge pelayanan keimigrasian atau Immigration Lounge pada 2026.
Rencana tersebut disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Winarko, saat meninjau pelaksanaan layanan Eazy Passport dan Eazy Stay Permit yang digelar di Discovery Mall Bali pada Sabtu (6/12/2025) hingga Minggu (7/12/2025).
“Pertimbangannya, Bali merupakan daerah tujuan wisata dengan jumlah warga negara asing yang tinggi. Selain itu, layanan ini juga memudahkan masyarakat lokal yang tidak memiliki waktu pada hari kerja untuk mengurus dokumen keimigrasian pada akhir pekan,” ujar Winarko.
Dalam kegiatan tersebut, Winarko didampingi Kepala Bidang Dokumen Perjalanan, Izin Tinggal, dan Status Keimigrasian Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Imigrasi Bali, Saroha Manullang, serta General Manager Discovery Mall Bali, Rachmat Tanuharja.
Winarko menjelaskan, Immigration Lounge yang direncanakan akan menjadi ruang layanan terpadu yang menyediakan informasi serta konsultasi keimigrasian bagi masyarakat dan wisatawan di lokasi strategis pusat perbelanjaan.
Menurutnya, penjajakan kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen Imigrasi Ngurah Rai untuk menghadirkan layanan yang proaktif, modern, dan responsif, sekaligus memperluas akses masyarakat terhadap pelayanan keimigrasian.
Sebelumnya, Kantor Imigrasi Ngurah Rai secara resmi membuka layanan Eazy Passport dan Eazy Stay Permit di Discovery Mall Bali pada 6-7 Desember 2025. Layanan akhir pekan tersebut menyediakan total 1.000 kuota pelayanan, terdiri atas 500 permohonan paspor dan 500 layanan perpanjangan izin tinggal.
Dalam sambutannya, Winarko menyebut program Eazy Passport dan Eazy Stay Permit sebagai langkah proaktif untuk menjangkau masyarakat dengan mobilitas tinggi, sekaligus menghadirkan pelayanan yang lebih cepat, efisien, dan terstandarisasi.
“Bali sebagai pusat pariwisata internasional menjadi lokasi strategis untuk mendekatkan layanan keimigrasian bagi warga negara Indonesia maupun warga negara asing,” kata Winarko.
Layanan yang dibuka pukul 10.00 hingga 18.00 Wita itu mendapat respons positif dari masyarakat. Dari 500 kuota permohonan paspor, sebanyak 384 permohonan berhasil dilayani. Sementara itu, tercatat 10 pemohon perpanjangan izin tinggal.
Rendahnya jumlah pemohon izin tinggal pada akhir pekan, menurut Winarko, disebabkan kecenderungan warga negara asing yang lebih memilih mengurus dokumen keimigrasian di kantor imigrasi pada hari kerja.
Saroha Manullang mengajak masyarakat di sekitar Discovery Mall, baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing, untuk memanfaatkan layanan keimigrasian akhir pekan tersebut.
Menurutnya, program ini menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak sempat mengurus paspor pada hari kerja.
Ia juga menyampaikan apresiasi kepada manajemen Discovery Mall Bali atas dukungan dan kolaborasi yang memungkinkan kegiatan layanan publik ini terlaksana dengan baik.
Saroha berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat luas bagi masyarakat, sejalan dengan implementasi Asta Cita Presiden Republik Indonesia, akselerasi kebijakan Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, serta program kerja Direktorat Jenderal Imigrasi.
Melalui kegiatan ini, Imigrasi Ngurah Rai berharap layanan keimigrasian semakin mudah diakses masyarakat dan wisatawan, sekaligus mendukung terwujudnya pelayanan publik yang modern dan adaptif.
Kantor Imigrasi Ngurah Rai juga menegaskan akan terus berinovasi dalam memperluas jangkauan layanan demi kenyamanan seluruh pemohon.(One/01)









