Kapal Cruise MV Boudicca Asal Bahamas Berlabuh di Pelabuhan Ambon

Kapal Cruise MV Boudicca berlabuh di Pelabuhan Ambon
Kapal Cruise MV Boudicca berlabuh di Pelabuhan Ambon/dok.Kemenhub

Ambon,SudutPandang.id-Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, kembali menyambut secara khusus kedatangan kapal mewah asal negara Bahamas yang besandar di Pelabuhan Indonesia. Kali ini, giliran Kapal Cruise MV Boudicca yang berkapasitas 28.551 GT berlabuh di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon pada hari Minggu (19/1/2020) pukul 07.00 WIT.

“Kami bersama Gubernur Maluku, Wakil Walikota dan pejabat lainnya berkesempatan untuk menyambut secara khusus kedatangan Kapal Cruise MV Boudicca yang dinakhodai oleh Kapten Kapal Mikael Per-Erik Degerlund di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon serta mengucapkan selamat dating kepada seluruh kru kapal dan wisatawan ke tanah Maluku,” ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon Yefri Meidison di Ambon, Senin (20/1/2020).

IMG-20220125-WA0002
Penyambutan Penumpang Kapal Cruise MV Boudicca yang berlabuh di Pelabuhan Ambon
Penyambutan Penumpang Kapal Cruise MV Boudicca yang berlabuh di Pelabuhan Ambon/dok.Kemenhub

Yefri mengatakan, kapal pesiar yang mengangkut wisatawan asing ini berlabuh di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon selama sembilan jam.

“Sebelum ke Indonesia, kapal ini berlabuh di Wewak Papua Nugini, lalu setelah mengunjungi Indonesia akan melanjutkan perjalanan menuju Singapura. Di Indonesia, kapal ini dijadwalkan akan mengunjungi Benoa, Bali,” jelasnya.

Tarian untuk menyambut penumpang Kapal Cruise MV Boudicca yang berlabuh di Pelabuhan Ambon
Tarian selamat datang menyambut penumpang Kapal Cruise MV Boudicca yang berlabuh di Pelabuhan Ambon/dok.Kemenhub

Ia menambahkan, kapal Cruise MV Boudicca mengangkut 374 orang kru kapal dan 553 orang penumpang. Sebagian besar wisatawan akan mengunjungi beberapa lokasi wisata di kota Ambon.

“Pemerintah Daerah telah menyiapkan lokasi wisata sedemikian rupa sehingga dapat memberikan kesan dan pesan yang baik bagi wisatawan asing,” ungkap Yefri.

Penumpang Kapal Cruise MV Boudicca
Penumpang Kapal Cruise MV Boudicca yang berlabuh di Pelabuhan Ambon/dok.Kemenhub

Adapun kapal MV Boudicca ini memiliki kapasitas sebanyak 1.300 orang dengan kapasitas penumpang maksimal 960 orang dan 340 kru kapal, serta memiliki Length Overall 205 meter dan moulded depth 11 m.

“Rangkaian kunjungan kapal wisatawan asing ke Indonesia beberapa waktu ini dapat menunjukan kesiapan Indonesia dalam pengembangan sektor pariwisata yang salah satunya dengan mempersiapkan pelabuhan-pelabuhan yang mampu disandari kapal cruise berukuran besar,” papar Yefri.

Sebelumnya, Jumat (17/1/2020), Kapal Cruise MV The World asal Bahamas juga bersandar di Pelabuhan Biak Papua. Kapal super mewah tersebut, membawa 286 orang kru dari 37 negara dan 195 orang penumpang yang berasal dari 19 negara.(bmg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.