Hemmen

Kemenkeu: Total Anggaran Bansos dan BLT Capai Rp28,8 Triliun

Dok.Ilustrasi

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Kemenkeu menginformasikan,untuk penyaluran bansos seperti beras 10 kg hingga BLT pada 2024, masih terus disalurkan hingga saat ini.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengatakan, untuk bantuan pangan beras 10 kilogram yang diberikan kepada 22 juta penerima juga tambahan daging ayam dan telur untuk keluarga yang memiliki balita stunting.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

“Jadi angka Rp17,5 triliun itu bansos beras 10 kg ke penerima PKH tambahan sampai Juni nanti dan untuk keluarga-keluarga yang memiliki balita stunting ditambahkan daging ayam dan telur seperti dilakukan akhir tahun lalu. Itu angka Rp17,5 triliun mencakup kedua itu,” kata Isa dalam konferensi pers APBNKITA Edisi Februari 2024, Kamis (22/2/2024), dikutip Okezone.

BACA JUGA  Sri Mulyani Optimis Ekonomi Kuartal II-2022 Bisa Tumbuh 5,3 Persen

Kemudian untuk BLT mitigasi risiko pangan jumlah anggarannya sebesar Rp11,3 triliun. BLT diberikan sebesar Rp600 ribu selama 3 bulan dengan penerima 18,8 juta orang.

“Untuk BLT sejauh ini sudah diputuskan untuk 3 bulan pertama, kemudian akan dilakukan review lagi, anggarannya akan mencapai Rp11,3 triliun. Ini seluruhnya tentunya disiapkan dari cadangan belanja bansos yang memang disediakan dari tiap tahun anggaran,” katanya.

Jika dijumlah, maka anggaran bansos dan BLT mencapai Rp28,8 triliun. (06)

Barron Ichsan Perwakum