Hemmen

Kosgoro 1957 Bagikan 10.000 Nasi Kotak Ramadhan 1445 Hijriah Gratis

Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave AF Laksono (dua dari kiri) didampingi Ketua Majelis Pertimbangan HR Agung Laksono (kiri), saat menyerahkan Nasi Kotak Ramadan 1445-Hijriah kepada Angel, perwakilan Komunitas Ojol DKI Jakarta, Sabtu (6/4/2024). FOTO: HO-A.Ristanto)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957 menutup pelaksanaan Program Dapur Umum Ramadhan 1445 Hijriah, ditandai penyerahan paket nasi kotak gratis kepada Komunitas Ojek Online (Ojol).

Ketua Umum PPK Kosgoro 1957, Dave AF Laksono secara simbolis menyerahkan paket nasi kotak kepada Angel — mewakili Komunitas Ojol — di lokasi dapur umum Jalan Cipinang Cempedak, Kompleks Perumahan Polonia, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (6/4/2024) petang.

Kemenkumham Bali

Dengan penyerahan tersebut tuntas sudah penyaluran 10.000 nasi kotak Ramadhan 1445-H Kosgoro 1957, sejak kegiatan ini dimulai 15 Maret 2024.

Program yang digagas HR Agung Laksono — kini Ketua Majelis Pertimbangan Kosgoro 1957 — dilaksanakan setiap bulan Ramadhan.

Pada 2024 menjadi tahun kelima program bantuan pangan matang ini, dibagikan gratis kepada masyarakat tanpa batas di wilayah Jakarta, Depok dan Bekasi.

Tim dapur umum yang didukung unsur Gerakan Persatuan Perempuan Kosgoro 1957 dan PDK Kosgoro 1957 Provinsi DKI Jakarta, setiap hari memroduksi 400 sampai 500 nasi kotak.

Ketua Umum Kosgoro 1957, Dave Laksono selain menyampaikan terima kasih kepada Tim Dapur Umum, juga menyatakan apa yang dilaksanakan ormas yang dipimpinnya identik dengan gagasan pasangan calon Presiden-Wakil Presiden Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, pemberian makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil.

BACA JUGA  Jelang Ramadhan, Harga Cabai Rawit Melonjak Tajam

“Jika pengadaan nasi kotak kita, dibagikan kepada masyarakat secara gratis dengan biaya gotong royong para donatur baik kader, fungsionaris maupun simpatisan Kosgoro 1957, maka program makan siang dan susu bagi anak-anak sekolah dan madrasah nanti, sangat bisa dilaksanakan,” katanya.

“Sebab program pemerintah Prabowo-Gibran tersebut, tentu dibiayai APBN maupun APBD,” tambahnya.

Dave Laksono yang juga anggota Komisi-I DPR RI ini menambahkan, program dapur umum ini diharapkan bisa diikuti dan diselenggarakan Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) Kosgoro 1957 tingkat provinsi maupun kota/ kabupaten di seluruh Indonesia setiap Bulan Suci Ramadan.

Naikkan Suara

Sedangkan Ketua Majelis Pertimbangan Kosgoro 1957, HR Agung Laksono yang ikut menyaksikan acara mengapresiasi konsistensi kerja Tim Dapur Umum.

BACA JUGA  Kolaborasi dengan Perusahaan BUMN, Mitrapol Kembali Berbagi Kebahagiaan Ramadhan 

“Dengan rutin setiap tahun memberi nasi kotak gratis secara ikhlas dalam bulan puasa, Inshaa Allah publik akan selalu ingat eksistensi dan pengabdian Kosgoro 1957,” kata Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar ini.

Oleh sebab itu sangat dimungkinkan kenaikan perolehan suara Partai Golkar pada Pemilu Legislatif 2024 di DKI Jakarta, berkat andil penyelenggaraan program rutin pengabdian ini. Sebab Kosgoro 1957 salah satu dari tiga ormas pendiri Partai Golkar.

Berdasarkan hasil Pemilu Legislatif 2024, Partai Golkar sukses menambah empat kursi di DPRD DKI Jakarta dan satu kursi DPR RI.

Koordinator Tim Dapur Umum Ir Tengku M Nurhafidz menjelaskan, dengan rutin melaksanakan kegiatan ini, sudah tercipta pola kerja yang efisien dan efektif.

Untuk itu produksi rata-rata 500 nasi kotak tiap hari, bisa lebih cepat disalurkan ke masyarakat.

“Kini pada pukul 14.00 kami bisa siap mengirimkan nasi kotak kepada komunitas masyarakat yang sudah terdaftar,” katanya.

Berbeda tahun lalu, biaya pengadaan tahun ini lebih kecil karena pemasukan dari donatur berkurang.

“Pada tahun lalu sampai dapur umum tutup, masih ada sisa beberapa ton beras donatur. Beras sumbangan itu akhirnya disalurkan kepada warga korban kebakaran di Pasar Gembrong Jakarta Timur, Tamansari Jakarta Barat serta sejumlah pesantren dan asrama yatim piatu,” katanya.

BACA JUGA  Geosite Sipinsur Dikunjungi Tim Ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI

Tim dapur umum yang juga dibantu para relawan, memiliki enam juru masak khusus.

“Dengan tim juru masak tetap ini, maka kualitas masakan selalu terjaga,” tambah Nurhafidz.

Nasi kotak Ramadhan 1445-H terdiri atas nasi putih, lengkap dengan lauk daging/ikan/ayam, tempe, sayur dan buah serta air dalam kemasan.

Diperhitungkan nilai setiap nasi kotak jika dibandingkan dengan harga di rumah makan umum setara Rp30.000/pax. (Um/02)